S Y I R I K
Syirik: yaitu menjadikan sekutu bagi Allah subhanahu
wa ta’ala dalam rububiyah, uluhiyah, asma’ dan sifat-Nya, atau pada
salah satunya. Apabila seorang manusia meyakini bahwa bersama Allah
SUBHANAHU WA TA’ALA ada yang menciptakan, atau yang menolong, maka dia
seorang musyrik. Barangsiapa yang meyakini bahwa sesuatu selain Allah
SUBHANAHU WA TA’ALA berhak disembah, maka dia seorang musyrik.
Barangsiapa yang meyakini bahwa bagi Allah SUBHANAHU WA TA’ALA ada yang
serupa pada asma’ dan sifat-Nya, maka dia seorang musyrik.
- Bahaya Syirik
1. Syirik kepada Allah SUBHANAHU WA TA’ALA adalah perbuatan yang
teramat zalim, karena telah melewati batas hak Allah SUBHANAHU WA TA’ALA
yang khusus dengan-Nya, yaitu tauhid. Tauhid adalah keadilan paling
adil dan syirik adalah kezaliman yang paling bengis dan kejahatan yang
paling keji; karena ia mengurangi bagi Rabb semesta alam, menyombongkan
diri dari taat kepada-Nya dan memalingkan
kemurnian hak-Nya kepada selain-Nya dan memutarkan selainnya dengannya.
Karena begitu besar bahayanya, maka sesungguhnya siapa yang berjumpa
dengan Allah SUBHANAHU WA TA’ALA dalam keadaan syirik kepada Allah
SUBHANAHU WA TA’ALA, sesungguhnya Allah SUBHANAHU WA TA’ALA tidak
mengampuninya, seperti dalam firman-Nya:
إِنَّ اللَّهَ لَا يَغْفِرُ أَنْ يُشْرَكَ بِهِ وَيَغْفِرُ مَا دُونَ ذَلِكَ لِمَنْ يَشَاءُ
Sesungguhnya Allah tidak akan mengampuni dosa syirik, dan Dia
mengampuni segala dosa yang selain dari (syirik) itu bagi siapa yang Dia
kehendaki, (QS. An-Nisaa’48)
2. Syirik kepada Allah SUBHANAHU WA TA’ALA merupakan dosa terbesar.
Siapa menyembah selain Allah SUBHANAHU WA TA’ALA berarti dia telah
meletakkan ibadah di tempat yang salah, dan memalingkannya kepada yang
tidak berhak. Hal itu kezaliman yang besar, seperti firman Allah
SUBHANAHU WA TA’ALA:
إِنَّ الشِّرْكَ لَظُلْمٌ عَظِيمٌ
sesungguhnya mempersekutukan (Allah) adalah benar-benar kezaliman yang besar”. (QS. Luqman :13)
3. Syirik besar menggugurkan semua amal perbuatan dan memastikan kebinasaan dan kerugian, ia adalah dosa yang terbesar.
a. Firman Allah SUBHANAHU WA TA’ALA:
وَلَقَدْ أُوحِيَ إِلَيْكَ وَإِلَى الَّذِينَ مِنْ
قَبْلِكَ لَئِنْ أَشْرَكْتَ لَيَحْبَطَنَّ عَمَلُكَ وَلَتَكُونَنَّ مِنَ
الْخَاسِرِينَ
Dan sesungguhnya telah diwahyukan kepadamu dan kepada (nabi-nabi)
sebelummu:”Jika kamu mempersekutukan (Allah), niscaya akan hapus amalmu
dan tentulah kamu termasuk orang-orang yang merugi. (QS. Az-Zumar: 65)
b. Dari Abu Bakrah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata, “Nabi SHALALLAHU
ALAIHI WA SALLAM bersabda, ‘Maukah kalian aku beritahukan dosa yang
terbesar? (Nabi mengucapkannya sampai tiga kali). Mereka menjawab,
‘Tentu, wahai Rasulullah.’ Beliau bersabda, ‘Menyekutukan Allah
SUBHANAHU WA TA’ALA, durhaka kepada kedua orang tua.’ Dan beliau duduk
dan tadinya beliau bersandar: ‘Ketahuilah!, dan sumpah palsu.’ Abu
Bakrah radhiyallahu ‘anhu berkata, ‘Beliau terus mengulanginya hingga
kami berkata, ‘Semoga beliau diam.” Muttafaqun ‘Alaih.[1]
- Keburukan-Keburukan Syirik:
Allah SUBHANAHU WA TA’ALA menyebutkan empat keburukan syirik dalam empat ayat, yaitu:
1. Firman Allah SUBHANAHU WA TA’ALA:
إِنَّ اللَّهَ لَا يَغْفِرُ أَنْ يُشْرَكَ بِهِ وَيَغْفِرُ
مَا دُونَ ذَلِكَ لِمَنْ يَشَاءُ وَمَنْ يُشْرِكْ بِاللَّهِ فَقَدِ
افْتَرَى إِثْمًا عَظِيمًا
Sesungguhnya Allah SUBHANAHU WA TA’ALA tidak akan mengampuni dosa
syirik, dan Dia mengampuni segala dosa yang selain dari (syirik) itu,
bagi siapa yang dikehendaki-Nya. Barangsiapa yang mempersekutukan Allah
SUBHANAHU WA TA’ALA, maka sungguh ia telah berbuat dosa yang besar. (QS.
An-Nisa`:48)
2. Firman Allah SUBHANAHU WA TA’ALA:
وَمَنْ يُشْرِكْ بِاللَّهِ فَقَدْ ضَلَّ ضَلَالًا بَعِيدًا
Barangsiapa yang mempersekutukan (sesuatu) dengan Allah, maka sesungguhnya ia telah tersesat sejauh-jauhnya. (QS. An-Nisa` 116)
3. Firman Allah SUBHANAHU WA TA’ALA:
إِنَّهُ مَنْ يُشْرِكْ بِاللَّهِ فَقَدْ حَرَّمَ اللَّهُ
عَلَيْهِ الْجَنَّةَ وَمَأْوَاهُ النَّارُ وَمَا لِلظَّالِمِينَ مِنْ
أَنْصَارٍ
Sesungguhnya orang yang mempersekutukan (sesuatu dengan) Allah,
maka pasti Allah mengharamkan kepadanya surga, dan tempatnya ialah
neraka, tidaklah ada bagi orang-orang zalim itu seorang penolongpun.
(QS. Al-Maidah:72)
4. Firman Allah SUBHANAHU WA TA’ALA:
وَمَنْ يُشْرِكْ بِاللَّهِ فَكَأَنَّمَا خَرَّ مِنَ
السَّمَاءِ فَتَخْطَفُهُ الطَّيْرُ أَوْ تَهْوِي بِهِ الرِّيحُ فِي مَكَانٍ
سَحِيقٍ
Barangsiapa mempersekutukan sesuatu dengan Allah, maka adalah ia
seolah-olah jatuh dari langit lalu disambar oleh burung, atau
diterbangkan angin ke tempat yang jauh. (QS. Al-Hajj:31)
- Balasan Ahli Syirik
1. Firman Allah SUBHANAHU WA TA’ALA :
إِنَّ الَّذِينَ كَفَرُوا مِنْ أَهْلِ الْكِتَابِ
وَالْمُشْرِكِينَ فِي نَارِ جَهَنَّمَ خَالِدِينَ فِيهَا أُولَئِكَ هُمْ
شَرُّ الْبَرِيَّةِ بينة
Sesungguhnya orang-orang kafir yakni ahli kitab dan orang-orang
musyrik (akan masuk) ke neraka Jahannam; mereka kekal di dalamnya.Mereka
itu adalah seburuk-buruk makhluk. (QS. Al-Bayyinah :6)
2. Firman Allah SUBHANAHU WA TA’ALA:
إِنَّ الَّذِينَ يَكْفُرُونَ بِاللَّهِ وَرُسُلِهِ
وَيُرِيدُونَ أَنْ يُفَرِّقُوا بَيْنَ اللَّهِ وَرُسُلِهِ وَيَقُولُونَ
نُؤْمِنُ بِبَعْضٍ وَنَكْفُرُ بِبَعْضٍ وَيُرِيدُونَ أَنْ يَتَّخِذُوا
بَيْنَ ذَلِكَ سَبِيلًا (150) أُولَئِكَ هُمُ الْكَافِرُونَ حَقًّا
وَأَعْتَدْنَا لِلْكَافِرِينَ عَذَابًا مُهِينًا (151)
Sesungguhnya orang-orang kafir kepada Allah dan rasul-rasul-Nya,
dan bermaksud memperbedakan antara (keimanan kepada) Allah dan
rasul-rasul-Nya, dengan mengatakan:”Kami beriman kepada yang sebahagian
dan kafir terhadap sebahagian (yang lain)”, serta bermaksud (dengan
perkataan itu) mengambil jalan (tengah) di antara yang demikian (iman
atau kafir), merekalah orang-orang yang kafir sebenar-benarnya. Kami
telah menyediakan untuk orang-orang yang kafir itu siksaan yang
menghinakan. (QS. An-Nisaa`:151)
3. Dari Abdullah bin Mas’ud radhiyallahu ‘anhu, ia berkata, “Nabi
SHALALLAHU ALAIHI WA SALLAM bersabda, ‘Barangsiapa yang meninggal
dunia, sedangkan dia berdoa kepada sekutu dari selain Allah SUBHANAHU WA
TA’ALA, niscaya dia masuk neraka.” Muttafaqun ‘alaih.[2]
- Dasar Syirik
Dasar syirik dan pondasinya dibangun atasnya adalah bergantung kepada
selain Allah SUBHANAHU WA TA’ALA. Barangsiapa yang bergantung kepada
selain Allah SUBHANAHU WA TA’ALA niscaya menyerahkannya kepada sesuatu
yang dia bertawakkal kepadanya, menyiksanya dengannya, menghinakannya
dari sisi yang dia bergantung dengannya. Jadilah ia tercela, tidak ada
pujian baginya, terhina tidak ada penolong baginya, seperti firman Allah
SUBHANAHU WA TA’ALA:
لَا تَجْعَلْ مَعَ اللَّهِ إِلَهًا آَخَرَ فَتَقْعُدَ مَذْمُومًا مَخْذُولًا
Janganlah kamu adakan ilah-ilah yang lain di samping Allah, agar
kamu tidak menjadi tercela dan tidak ditinggalkan (Allah). (QS. Al-Isra`
:22)
5. JENIS-JENIS SYIRIK
Syirik terbagi dua: Syirik besar dan syirik kecil.
1. Syirik besar
Syirik besar mengeluarkan seseorang dari agama, menggugurkan semua
amal ibadah, pelakunya menjadi halal darah dan hartanya, dan dikekalkan
di dalam neraka apabila dia meninggal dunia dan tidak sempat bertaubat.
Yaitu memalingkan ibadah atau sebagiannya kepada selain Allah SUBHANAHU
WA TA’ALA, seperti berdoa kepada selain Allah SUBHANAHU WA TA’ALA,
menyembelih dan bernazar kepada selain Allah SUBHANAHU WA TA’ALA berupa
ahli kubur, jin, syetan, dan selain mereka. Dan begitu pula berdoa
kepada selain Allah SUBHANAHU WA TA’ALA yang tidak bisa melakukannya
selain Allah SUBHANAHU WA TA’ALA seperti meminta kekayaan dan
kesembuhan, meminta hajat dan turun hujan kepada selain Allah SUBHANAHU
WA TA’ALA. Dan seperti yang demikian itu yang diucapkan orang-orang
bodoh di sisi kubur para wali dan orang-orang shalih, atau di sisi
berhala berupa pohon, batu, dan yang semisalnya.
Di antara macam-macam syirik besar:
a. Syirik dalam takut.
yaitu takut kepada selain Allah SUBHANAHU WA TA’ALA berupa berhala
atau patung, atau thagut, atau mayat, atau yang gaib (tidak terlihat
mata, pent.) dari bangsa jin atau manusia bahwa ia bisa membahayakannya
atau menimpakan kepadanya sesuatu yang dibenci. Takut ini termasuk
tingkatan agama yang tertinggi dan teragung. Barangsiapa yang
memalingkannya kepada selain Allah SUBHANAHU WA TA’ALA maka sungguh dia
telah menyekutukan Allah SUBHANAHU WA TA’ALA dengan syirik besar. Firman
Allah SUBHANAHU WA TA’ALA:
فَلَا تَخَافُوهُمْ وَخَافُونِ إِنْ كُنْتُمْ مُؤْمِنِينَ
karena itu janganlah kamu takut kepada mereka, tetapi takutlah
kepada-Ku, jika kamu benar-benar orang yang beriman. (QS. Ali Imrah :
175)
b. Syirik dalam tawakkal.
Tawakkal kepada Allah SUBHANAHU WA TA’ALA dalam segala perkara dan di
semua kondisi termasuk jenis ibadah yang paling agung yang harus
diikhlaskan hanya kepada Allah SUBHANAHU WA TA’ALA saja. Barangsiapa
yang bertawakkal kepada selain Allah SUBHANAHU WA TA’ALA dalam perkara
yang tidak bisa melakukannya selain Allah SUBHANAHU WA TA’ALA, seperti
tawakkal kepada orang yang sudah meninggal dunia dan orang-orang yang
ghaib serta seumpama mereka dalam menolak bahaya, mendapatkan manfaat
dan rizqi, berarti dia telah menyekutukan Allah SUBHANAHU WA TA’ALA
dengan syirik besar. Firman Allah SUBHANAHU WA TA’ALA:
وَعَلَى اللَّهِ فَتَوَكَّلُوا إِنْ كُنْتُمْ مُؤْمِنِينَ
Dan hanya kepada Allah hendaknya kamu bertawakkal, jika kamu benar-benar orang yang beriman”. (QS. Al-Maidah :23)
c. Syirik dalam mahabbah (cinta).
Cinta kepada Allah SUBHANAHU WA TA’ALA adalah cinta yang konsekuensi
logisnya adalah kesempurnaan hina dan taat kepada Allah SUBHANAHU WA
TA’ALA. Inilah cinta yang murni hanya karena Allah SUBHANAHU WA TA’ALA.
Tidak boleh menyekutukan seseorang dengan-Nya dalam mahabbah ini. Maka,
siapa yang cinta kepada sesuatu seperti cintanya kepada Allah SUBHANAHU
WA TA’ALA, berarti ia telah menjadikan sekutu dari selain Allah
SUBHANAHU WA TA’ALA dalam cinta mengagungkan, dan ini termasuk syirik.
Firman Allah SUBHANAHU WA TA’ALA:
وَمِنَ النَّاسِ مَنْ يَتَّخِذُ مِنْ دُونِ اللَّهِ
أَنْدَادًا يُحِبُّونَهُمْ كَحُبِّ اللَّهِ وَالَّذِينَ آَمَنُوا أَشَدُّ
حُبًّا لِلَّهِ
Dan di antara manusia ada orang-orang yang menyembah
tandingan-tandingan selain Allah; mereka mencintainya sebagaimana mereka
mencintai Allah. Adapan orang-orang yang beriman amat sangat cintanya
kepada Allah. (QS. Al-Baqarah:165)
d. Syirik dalam taat.
Termasuk syirik dalam taat adalah taat kepada para ulama, umara (pemerintah),
pemimpin dan hakim dalam menghalalkan yang diharamkan, atau
mengharamkan yang dihalalkan Allah SUBHANAHU WA TA’ALA. Maka, siapa yang
taat kepada mereka dalam hal itu, berarti dia telah menjadikan
sekutu-sekutu (tandingan-tandingan) bagi Allah SUBHANAHU WA TA’ALA dalam
tasyri’ (menetapkan hukum), menghalalkan dan mengharamkan. Ini termasuk syirik besar, seperti firman Allah SUBHANAHU WA TA’ALA:
اتَّخَذُوا أَحْبَارَهُمْ وَرُهْبَانَهُمْ أَرْبَابًا مِنْ
دُونِ اللَّهِ وَالْمَسِيحَ ابْنَ مَرْيَمَ وَمَا أُمِرُوا إِلَّا
لِيَعْبُدُوا إِلَهًا وَاحِدًا لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ سُبْحَانَهُ عَمَّا
يُشْرِكُونَ
Mereka menjadikan orang-orang alimnya dan rahib-rahib mereka
sebagai Rabb-Rabb selain Allah, dan (juga mereka menjadikan Rabb )
Al-Masih putera Maryam; padahal mereka hanya disuruh menyembah Ilah Yang
Maha Esa; tidak ada Ilah (yang berhak disembah) selain Dia. Maha suci
Allah dari apa yang mereka persekutukan. (QS. At-Taubat :31)
- Pembagian nifaq:
1. Nifaq besar: yaitu nifaq dalam keyakinan dengan cara menampakkan
Islam dan menyembunyikan kekafiran. Penganutnya adalah kafir, (ia akan
dimasukkan) ke dalam neraka bagian paling bawah. Firman Allah SUBHANAHU
WA TA’ALA:
إِنَّ الْمُنَافِقِينَ فِي الدَّرْكِ الْأَسْفَلِ مِنَ النَّارِ
Sesungguhnya orang-orang munafik itu (ditempatkan) pada tingkatan
yang paling bawah dari neraka. Dan kamu sekali-kali tidak akan mendapat
seorang penolongpun bagi mereka. (QS. An-Nisaa` :145)
2. Nifaq Kecil: yaitu nifaq dalam perbuatan dan seumpamanya.
Pelakunya tidak keluar dari agama Islam, akan tetapi dia maksiat kepada
Allah SUBHANAHU WA TA’ALA dan Rasul-Nya.
Dari Abdullah bin ‘Amr radhiyallahu ‘anhu, bahwa Nabi SHALALLAHU ALAIHI WA SALLAM bersabda, “Ada
empat perkara, siapa yang ada padanya empat perkara itu, niscaya ia
adalah seorang munafik murni. Dan, siapa yang ada salah satunya padanya,
berarti pada dirinya ada satu perkara nifaq sampai dia meninggalkannya:
Bila diberi amanah, ia berkhianat, bila bicara ia berdusta, bila
berjanji ia melanggar, dan bila berbantahan (bermusuhan) ia
menyimpang/menyeleweng. “Muttafaqun ‘Alaih.[3]
[1] HR. al-Bukhari no. 2654 dan lafazd ini adalah miliknya, dan Muslim no.87
[2] HR. al-Bukhari no 4497, ini adalah lafaznya dan Muslim no. 92.
[3] HR. al-Bukhari no 34 dan ini lafazhnya, dan Muslim no. 58.
Sumber : http://klikuk.com/ringkasan-fikih-islam-syirik/
Lanjutan ....
2. Syirik Kecil: yaitu sesuatu yang dinamakan syirik oleh syara’ dan tidak sampai kepada syirik besar. Syirik ini mengurangi tauhid, tetapi tidak mengeluarkan dari agama. Ia adalah sarana menuju syirik besar. Pelakunya akan disiksa dan tidak kekal dalam neraka seperti kekalnya orang-orang kafir. Darahnya tidak boleh ditumpahkan dan hartanya tidak boleh diambil. Syirik besar menggugurkan semua amal ibadah. Adapun syirik kecil, maka ia menggugurkan amal ibadah yang menyertainya. Seperti orang yang beribadah karena Allah SUBHANAHU WA TA’ALA, ia juga ingin mendapat pujian manusia atasnya, seperti memperbaiki shalatnya, atau bersedekah, atau puasa, atau berzikir kepada Allah SUBHANAHU WA TA’ALA agar manusia melihatnya, atau mendengarnya, atau memujinya. Ini adalah riya, bila disertai amal ibadah niscaya riya itu membatalkannya. Tidak ada ungkapan syirik dalam al-Qur`an kecuali yang dimaksud adalah syirik besar. Adapun syirik kecil, maka terdapat dalam sunnah-sunnah mutawatir.
1. Firman Allah SUBHANAHU WA TA’ALA:
2. Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata, “Rasulullah SHALALLAHU ALAIHI WA SALLAM bersabda, Allah SUBHANAHU WA TA’ALA berfirman (dalam hadits qudsi): ‘Aku adalah yang paling kaya dari sekutu. Barangsiapa yang melakukan amal ibadah yang di dalamnya menyekutukan yang lain dengan Aku, niscaya Aku meninggalkannya dan sekutunya.”[1]
Termasuk syirik kecil adalah bersumpah dengan sesuatu selain Allah SUBHANAHU WA TA’ALA. Dan ucapan manusia: Sesuatu yang dikehendaki Allah dan dikehendaki fulan, atau kalau bukan karena Allah SUBHANAHU WA TA’ALA dan fulan, atau ini dari Allah SUBHANAHU WA TA’ALA dan fulan, atau tidak ada bagiku selain Allah SUBHANAHU WA TA’ALA dan fulan, dan seumpamanya. Seharusnya ia berkata: Sesuatu yang dikehendaki Allah SUBHANAHU WA TA’ALA kemudian dikehendaki fulan, dan seterusnya.
. Syirik kecil bisa menjadi besar menurut apa yang ada di hati pelakunya. Maka, seorang muslim harus berhati-hati terhadap syirik secara mutlak/absolut: yang besar dan kecil. Syirik adalah kezhaliman yang besar yang tidak diampuni oleh Allah SUBHANAHU WA TA’ALA. Seperti dalam firman Allah SUBHANAHU WA TA’ALA:
. Perbuatan dan Ucapan yang termasuk syirik (menyekutukan Allah SUBHANAHU WA TA’ALA) atau termasuk sarana-sarananya.
Ada perbuatan dan ucapan yang berada di antara syirik besar dan kecil menurut hati pelakunya dan yang bersumber darinya. Ia bertentangan dengan tauhid atau mengotori kemurniannya. Syari’at telah memperingatkan darinya, di antaranya adalah:
Terkadang sihir adalah perbuatan maksiat yang merupakan bagian dari dosa besar, bila hanya dengan obat-obatan dan sejenisnya saja.
Maka, wajib menyandarkan semua nikmat kepada Allah saja dan bersukur kepada-Nya. Adapun yang terjadi di atas tangan sebagian makhluk hanyalah merupakan sebab yang terkadang membuahkan hasil dan bisa juga tidak menghasilkan apa-apa. Terkadang bermanfaat dan bisa juga tidak berguna. Firman Allah SUBHANAHU WA TA’ALA:
Sumber : http://klikuk.com/ringkasan-fikih-islam-syirik/
Lanjutan ....
2. Syirik Kecil: yaitu sesuatu yang dinamakan syirik oleh syara’ dan tidak sampai kepada syirik besar. Syirik ini mengurangi tauhid, tetapi tidak mengeluarkan dari agama. Ia adalah sarana menuju syirik besar. Pelakunya akan disiksa dan tidak kekal dalam neraka seperti kekalnya orang-orang kafir. Darahnya tidak boleh ditumpahkan dan hartanya tidak boleh diambil. Syirik besar menggugurkan semua amal ibadah. Adapun syirik kecil, maka ia menggugurkan amal ibadah yang menyertainya. Seperti orang yang beribadah karena Allah SUBHANAHU WA TA’ALA, ia juga ingin mendapat pujian manusia atasnya, seperti memperbaiki shalatnya, atau bersedekah, atau puasa, atau berzikir kepada Allah SUBHANAHU WA TA’ALA agar manusia melihatnya, atau mendengarnya, atau memujinya. Ini adalah riya, bila disertai amal ibadah niscaya riya itu membatalkannya. Tidak ada ungkapan syirik dalam al-Qur`an kecuali yang dimaksud adalah syirik besar. Adapun syirik kecil, maka terdapat dalam sunnah-sunnah mutawatir.
1. Firman Allah SUBHANAHU WA TA’ALA:
قُلْ إِنَّمَا أَنَا بَشَرٌ مِثْلُكُمْ يُوحَى إِلَيَّ
أَنَّمَا إِلَهُكُمْ إِلَهٌ وَاحِدٌ فَمَنْ كَانَ يَرْجُوا لِقَاءَ رَبِّهِ
فَلْيَعْمَلْ عَمَلًا صَالِحًا وَلَا يُشْرِكْ بِعِبَادَةِ رَبِّهِ
أَحَدًا
Katakanlah:”Sesungguhnya aku ini hanya seorang manusia seperti
kamu, yang diwahyukan kepadaku:”Bahwa sesungguhnya Ilah kamu itu adalah
Ilah Yang Esa”. Barangsiapa mengharap perjumpaan dengan Rabbnya maka
hendaklah ia mengerjakan amal yang saleh dan janganlah ia
mempersekutukan seorangpun dalam beribadat kepada Rabb-nya”. (QS.
Al-Kahfi:110)2. Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata, “Rasulullah SHALALLAHU ALAIHI WA SALLAM bersabda, Allah SUBHANAHU WA TA’ALA berfirman (dalam hadits qudsi): ‘Aku adalah yang paling kaya dari sekutu. Barangsiapa yang melakukan amal ibadah yang di dalamnya menyekutukan yang lain dengan Aku, niscaya Aku meninggalkannya dan sekutunya.”[1]
Termasuk syirik kecil adalah bersumpah dengan sesuatu selain Allah SUBHANAHU WA TA’ALA. Dan ucapan manusia: Sesuatu yang dikehendaki Allah dan dikehendaki fulan, atau kalau bukan karena Allah SUBHANAHU WA TA’ALA dan fulan, atau ini dari Allah SUBHANAHU WA TA’ALA dan fulan, atau tidak ada bagiku selain Allah SUBHANAHU WA TA’ALA dan fulan, dan seumpamanya. Seharusnya ia berkata: Sesuatu yang dikehendaki Allah SUBHANAHU WA TA’ALA kemudian dikehendaki fulan, dan seterusnya.
- Dari Ibnu Umar radhiyallahu ‘anhuma, dari Nabi SHALALLAHU ALAIHI WA SALLAM , beliau bersabda, “Barangsiapa yang bersumpah kepada selain Allah SUBHANAHU WA TA’ALA, maka dia telah kafir atau syirik.” HR. Abu Daud dan at-Tirmidzi.[2]
- Dari Huzaifah radhiyallahu ‘anhu, dari Nabi SHALALLAHU ALAIHI WA SALLAM, beliau bersabda, “Janganlah engkau katakan: ‘Apa yang dikehendaki Allah dan dikehendaki fulan, akan tetapi katakanlah: apa yang dikehendaki Allah SUBHANAHU WA TA’ALA kemudian yang dikehendaki fulan.” HR. Ahmad dan Abu Daud.[3]
. Syirik kecil bisa menjadi besar menurut apa yang ada di hati pelakunya. Maka, seorang muslim harus berhati-hati terhadap syirik secara mutlak/absolut: yang besar dan kecil. Syirik adalah kezhaliman yang besar yang tidak diampuni oleh Allah SUBHANAHU WA TA’ALA. Seperti dalam firman Allah SUBHANAHU WA TA’ALA:
اللَّهَ لَا يَغْفِرُ أَنْ يُشْرَكَ بِهِ وَيَغْفِرُ مَا
دُونَ ذَلِكَ لِمَنْ يَشَاءُ وَمَنْ يُشْرِكْ بِاللَّهِ فَقَدِ افْتَرَى
إِثْمًا عَظِيمًا
Sesungguhnya Allah tidak akan mengampuni dosa syirik, dan Dia
mengampuni segala dosa yang selain dari (syirik) itu, bagi siapa yang
dikehendaki-Nya. Barangsiapa yang mempersekutukan Allah, maka sungguh ia
telah berbuat dosa yang besar. (QS. An-Nisaa`:48). Perbuatan dan Ucapan yang termasuk syirik (menyekutukan Allah SUBHANAHU WA TA’ALA) atau termasuk sarana-sarananya.
Ada perbuatan dan ucapan yang berada di antara syirik besar dan kecil menurut hati pelakunya dan yang bersumber darinya. Ia bertentangan dengan tauhid atau mengotori kemurniannya. Syari’at telah memperingatkan darinya, di antaranya adalah:
- Memakai gelang atau benang dan semisalnya dengan tujuan menghilangkan mara bahaya atau penangkal datangnya mara bahaya. Hal itu termasuk syirik.
- Menggantung tamimah[4] terhadap anak-anak, sama saja berasal dari kharz, atau tulang, atau tulisan. Hal itu untuk menjaga diri dari ‘ain[5] dan itu termasuk syirik.
- Tathayyur, yaitu menganggap sial dengan burung atau seseorang atau suatu tempat atau semisalnya, dan itu termasuk syirik karena dia bergantung kepada selain Allah SUBHANAHU WA TA’ALA dengan keyakinan mendapat bahaya dari makhluk yang tidak mempunyai manfaat atau mudharat untuk dirinya sendiri. Keyakinan ini termasuk gangguan syetan dan waswasnya, hal itu menolak tawakkal.
- Tabarruk (mengambil berkah) kepada pohon, batu, tempat-tempat bersejarah, kubur, dan semisalnya. Maka, meminta berkah, mengharap, dan meyakininya dalam perkara-perkara itu termasuk syirik; karena ia bergantung kepada selain Allah SUBHANAHU WA TA’ALA dalam mendapatkan berkah.
- Sihir: yaitu yang samar dan halus sebabnya. Ia adalah nama dari jimat-jimat, mantera-mantera, ucapan, dan obat-obatan, maka hal itu memberi pengaruh di hati dan badan, lalu menyebabkan sakit atau meninggal dunia, atau memisahkan di antara seseorang dan istrinya. Ia adalah perbuatan syetan, dan kebanyakan dari sihir itu tidak bisa sampai kepadanya kecuali dengan perbuatan menyekutukan Allah SUBHANAHU WA TA’ALA. Sihir adalah perbuatan syirik karena padanya mengandung ketergantungan kepada selain Allah SUBHANAHU WA TA’ALA dari jenis syetan, karena hal itu termasuk mengaku mengetahui yang gaib. Firman Allah SUBHANAHU WA TA’ALA:
وَمَا كَفَرَ سُلَيْمَانُ وَلَكِنَّ الشَّيَاطِينَ كَفَرُوا يُعَلِّمُونَ النَّاسَ السِّحْرَ
padahal Sulaiman tidak kafir (mengerjakan sihir), hanya
syaitan-syaitan itulah yang kafir (mengerjakan sihir). Mereka
mengajarkan sihir kepada manusia …. (QS. Al-Baqarah :102)Terkadang sihir adalah perbuatan maksiat yang merupakan bagian dari dosa besar, bila hanya dengan obat-obatan dan sejenisnya saja.
- Meramal: ia adalah mengaku mengetahui yang gaib, seperti memberitakan yang akan terjadi di muka bumi karena bersandar kepada syetan, dan itu termasuk syirik; karena mengandung pendekatan diri kepada selain Allah SUBHANAHU WA TA’ALA dan mengklaim mengetahui yang gaib bersama Allah SUBHANAHU WA TA’ALA.
- Tanjim (astrologi): yaitu mengambil dalil dengan kondisi falak (peredaran bulan dan matahari) atas segala kejadian di permukaan bumi, seperti waktu bertiupnya angin, turunnya hujan, terjadinya penyakit dan kematian, nampaknya panas dan dingin, perubahan harga dan sejenisnya. Itu termasuk syirik; karena menyandarkan sekutu bagi Allah SUBHANAHU WA TA’ALA dalam mengatur dan terhadap ilmu gaib.
- Meminta hujan dengan bintang: yaitu menyandarkan turunnya hujan kepada munculnya bintang atau tenggelamnya, seperti ia berkata: Kita diturunkan hujan dengan bintang ini dan bintang itu. Maka, ia menyandarkan hujan kepada bintang, bukan kepada Allah SUBHANAHU WA TA’ALA. Ini termasuk syirik; Karena turunnya hujan berada di tangan Allah SUBHANAHU WA TA’ALA, bukan di tangan bintang dan yang lainnya.
- Menyandarkan nikmat kepada selain Allah .
Maka, wajib menyandarkan semua nikmat kepada Allah saja dan bersukur kepada-Nya. Adapun yang terjadi di atas tangan sebagian makhluk hanyalah merupakan sebab yang terkadang membuahkan hasil dan bisa juga tidak menghasilkan apa-apa. Terkadang bermanfaat dan bisa juga tidak berguna. Firman Allah SUBHANAHU WA TA’ALA:
وَمَا بِكُمْ مِنْ نِعْمَةٍ فَمِنَ اللَّهِ ثُمَّ إِذَا مَسَّكُمُ الضُّرُّ فَإِلَيْهِ تَجْأَرُونَ
Dan apa saja nikmat yang ada pada kamu, maka dari Allah SUBHANAHU
WA TA’ALA-lah (datangnya), dan bila kamu ditimpa oleh kemudharatan, maka
hanya kepada-Nya-lah kamu meminta pertolongan. (QS. An-Nahl: 53)
[1] HR. Muslim no. 2985
[2]
Shahih. HR. Abu Daud no. 3251, Shahih Sunan Abu Daud no 2787,
at-Tirmidzi no. 1535 dan lafazd adalah miliknya, Shahih Sunan
at-Tirmidzi no. 1241.
[3]
Shahih. HR. Ahmad no. 2354, lihat as-Silsilah ash-Shahihah no. 127,
dan Abu Daud no. 4980 dan lafazd ini adalah miliknya, Shahih Sunan Abu
Daud no. 4166.
[4]
Tamimah: sesuatu yang dikalungkan di leher anak-anak sebagai penangkal
atau pengusir penyakit, pengaruh jahat yang disebabkan rasa dengki
seseorang, dan lain sebagainya. (pent. Dikutip dari terj. Kitab Tauhid,
Muhammad Yusuf Harun MA.)
[5] Penyakit atau pengaruh jahat yang disebabkan rasa dengki seseorang, pent.)
[6] Shahih. HR. Ahmad no. 9536 dan ini lafazdnya, dan al-Hakim no. 15, lihat Irwa` al-Ghalil no 2006.
No comments:
Post a Comment