Sunday, July 31, 2011

Kurma Nabi Paling Mahal

Sabtu, 30 Juli 2011 12:14 WIB

Laporan Wartawan Tribun, Candra P. Pusponegoro

TRIBUNNEWSBATAM.COM, BATAM - Memasuki bulan Ramadan, buah kurma merupakan salah satu makanan yang sangat favorit untuk berbuka puasa. Adapun jenis kurma sangat beragam, seperti kurma Madinah, Mesir, Tunisia, Zaman, Irak, dan sebagainya.

Untuk di pasaran saat ini, kurma yang tergolong paling mahal adalah kurma nabi yang asalnya dari kota Madinah Arab Saudi. Sedangkan kurma yang harganya tidak begitu mahal kurma impor dari negara Iran. Menjelang Ramadan, kebutuhan kurma meningkat.

Di Batam, kurma mulai merebak, dan mudah ditemui di pasar tradisional maupun di pusat perbelanjaan. Menurut Store Manager Carrefour Harbour Bay Mall, Firman Setyono, kurma banyak dicari terutama saat Ramadan dan sangat diminati untuk santapan berbuka puasa.

"Beragam jenis kurma, untuk jenis kurma nabi harganya relatif sangat mahal. Untuk kurma Tunisia lebih cenderung kering di luar namun sangat lembut di dalam dan rasanya tidak terlalu manis," ujar Firman Setyono kepada Tribun, Sabtu (30/7).

Mengenai harga, dia menyebutkan harga kurma bervariasi. Ada yang Rp 1.900 per 100 gramnya, Rp 35 ribu per kilogram hingga Rp 280 ribu.(tribunnewsbatam.com / tia)

Editor : Penny Sekar November
Sumber : Tribunnews


Artikel Terkait: