Wednesday, October 5, 2011

Ijazah Ukraina Tak Berlaku di Arab Saudi

JEDDAH – Mahasiswa asal Arab Saudi yang kuliah di Ukraina mengeluhkan ijazah yang tidak diakui oleh pemerintah. Mereka menyerukan pada Kementerian Pendidikan Tinggi Arab Saudi agar memecahkan masalah tersebut.
Sebelumnya, kementerian menarik pengakuan mereka atas ijazah lulusan universitas di Ukraina. Akibat keputusan ini, mahasiswa Arab yang belajar di Ukraina menghadapi masalah besar. Apalagi, kebanyakan dari mereka kuliah menggunakan uang sendiri. Mereka memilih kuliah di Ukraina karena kesulitan dengan prosedur dari universitas di Arab.

Salah satu lulusan perguruan tinggi kedokteran di Ukraina, Amira Sabbah mengaku, dia dan adiknya memilih kuliah di negara Eropa Timur tersebut setelah mendapat lampu hijau dari Kementerian Pendidikan Tinggi.

Menurut Sabbah, para mahasiswa telah bertemu dengan delegasi Arab dan menyarankan agar mereka tetap kuliah di kampus yang sama. Para delegasi juga berjanji untuk menyetujui ijazah para mahasiswa. “Setelah kami kembali ke Arab, kementerian menolak untuk menyetujui ijazah kami. Kini, kami menganggur,” jelasnya seperti dikutip dari Arab News, Rabu (5/10/2011).

Sementara itu, Direktur Jenderal Kesetaraan Sertifikat di Kementerian Pendidikan Tinggi Arab Saudi, Abdullah bin Ali Al-Qahtani menyatakan, tidak ada persetujuan untuk setiap sertifikat yang dikeluarkan oleh universitas dari Ukraina.

“Delegasi dari Kementerian Pendidikan Tinggi telah mengunjungi beberapa universitas di Ukraina selama beberapa tahun terakhir untuk menilai kualitas pendidikan. Mereka melaporkan pelanggaran yang ada, di mana universitas menerima mahasiswa asing dengan nilai yang sangat rendah bahkan di sekolah kedokteran,” jelas Al-Qahtani.

Menurutnya, banyak mahasiswa Arab yang kuliah kedokteran di Ukraina, merupakan lulusan jurusan sastra di SMA Arab. “Kementerian telah mengeluarkan aturan ketat agar tidak menerima ijazah lulusan Ukraina. Kami telah mengirim delegasi untuk memperingatkan mahasiswa Arab agar tidak kuliah di Ukraina dan kampus lain yang tidak direkomendasikan oleh kementerian,” jelasnya.

Bagi mahasiswa yang terlanjur kuliah di Ukraina, Al-Qahtani menyarankan agar transfer ke universitas lain dalam waktu enam bulan. Jika tidak, ijazahnya tidak akan diakui.
(rhs)http://kampus.okezone.com


Artikel Terkait:

No comments:

Post a Comment