Jumat, 14 Desember 2012

Bakso Di Jeddah..Insya Allah Bebas Dari Daging Babi


13554228721478160180
http://www.squidoo.com/
Heboh makanan Bakso di Indonesia yang di sinyalir mengandung daging babi,sekarang sedang ramai di bicarakan,memang keterlaluan sekali dan membuat konsumen yang beragama Islam jadi was-was..dan harus berhati-hati mengkonsumsi makanan ini dan efeknya yg kasihan ya para pedagang bakso yang jujur menggunakan daging halal/sapi…karena pastinya banyak yang takut membeli bakso yang dijual secara bebas diluar rumah.

Tapi ngomong-ngomong tentang Bakso ,makanan Bakso di Jeddah bukan hal aneh lagi atau hal yang mewah..soalnya bisa dijumpai di setiap Bhagalah-Toko Indonesia.
Memang bukan Bakso yang masih fresh atau baru dibuat ala abang-abang tukang bakso di tanah air..di sini mau makan bakso kebanyakan ya beli bakso yang sudah di bekukan dan di simpan dalam Frezzer/lemari pendingin…jadi nanti di rumah tinggal merebus saja dengan Mie Instans.

Pembuatnya ya para TKI juga..lumayan sedap juga kok..mau Bakso Urat juga ada, mau Bakso yang halus teksturnya juga berjibun..!

Untuk harga..lumayanlah terjangkau harganya..yang bulatan agak kecil-kecil dengan jumlah sampai 10-12 biji,harga hanya 5sr saja/bungkus plastik.sementara yang bulatan agak besar biasanya bakso urat di jual 8-10sr yang ini memang berat timbangannya 2xlipat dari bakso yang kecil-kecil tersebut,kebetulan pernah saya mencoba menimbang berat bakso tersebut.

Saya juga sedikit heran kok.. bisa ukuran bulatan bakso tersebut bisa sama semua..bisa jadi pembuatan menggunakan mesin pencetak bakso..soalnya berat dan ukuran baksonya sama semua.

Mengenai masalah daging sapi untuk  bakso..di sini harga daging lumayan terjangkau sih..apalagi daging yang sudah di giling kecil-kecil biasanya malah lebih murah ada yg 18sr/kg tapi saya tidak tahu apakah daging macam ini bisa dibuat untuk bakso atau tidak..!

Sementara daging sapi lainnya bervariasi harganya tapi tidak sampai melonjak jauh ala di Indonesia paling kalau di Supermarket-Hypermarket sekelas Danube,Panda dll.malah sangat terjangkau harganya paling 22-35sr/kg,ini untuk daging sapi import dari Pakistan,India,Australia dan Brazil.(1sr/2500 rupiah)

Selain itu di Saudi Arabia petugas Baladiyah(semacam Dirjen pengawasan makanan-minuman),secara rutin mengawasi secara ketat pasar-pasar Swalayan,Restaurant,Hypermarket,Pabrik Makanan dan Minuman dll.

1355421620276841446
blogger.com/bakso beku seharga 5sr
Petugas Baladiyah di Saudi Arabia seperti siluman..kadang datang dengan pakaian sipil(sama-sama memakai baju Thobs jadi tidak bisa membedakan mana petugas dan mana orang sipil).mereka masuk dan mengacak-acak semua Restaurant,Cafe,Pedagang Daging di Supermarket dll.mereka masuk tidak dapat di cegah misalnya ada ruang terlarang selain untuk petugas dll.istilahnya tak ada kamar-ruang rahasia lagi..di Restaurant tersebut yang luput dari pemeriksaan petugas Baladiyah,dan semua makanan di lemari pendingin juga harus mereka lihat dan cek..juga kebersihan dapur dan sanitasi air lainnya..!

Jika diketahui tidak memenuhi syarat kebersihan maka tak ada ampun lagi selain dari denda atau di segel sampai bisa memenuhi syarat-sayart yang sudah di tentukan.
Pemandangan  pekerja di supermarket setiap hari memeriksa label tgl expired adalah hal biasa..soalnya di sini konsumen juga rajin ngasih tahu..atau lapor pada petugas Baladiyah jika di temui..ada barang expired masih dijual.
1355422011749584903
http://baksosumatra.blogspot.com/
Bahkan dulu saya pernah kerja di Pabrik Roti Arab-Halawa selama 3bulan,itu Baladiyah sampai mengacak-acak isi pabrik sampai ke semua tempat padahal pabrik Halawiyah tersebut ada di daerah distrik Al Manar-Jeddah yg termasuk di tengah gurun terpencil..tapi tetep saja di kejar..dan petugas Baladiyah ini datang selalu secara sembunyi-sembunyi jadi tak ada kongkalikong atau mau nipu dll.dengan pemilik pabrik tersebut,jika ditemui pelanggaran seperti setiap pekerja harus punya ID Card kesehatan dll.serta alat-alat juga harus..steril dan bersih..karena di cuci dengan air panas dengan semprotan yg besar..!

Jadi bakteri-bakteri juga pada mati..kerja membersihkan alat-alat untuk membuat Roti-Halawa juga cukup mudah karena semua di lakukan dengan secara modern.
13554231501777448821
tcdeli.com
Jadi masalah umpamanya ada penyelundupan daging haram macam babi masuk Saudi Arabia Insya Allah sangat mustahil terjadi,karena pengawasan disini sangat ketat terhadap semua bahan makanan import.dan jika sampai ketahuan maka tak ada ampun lagi yakni distop secara permanent dan bisa-bisa malah berujung tindakan secara politik.

Misal seperti menolak semua produk makanan apapun dari negara yang curang tersebut,bukan hanya daging saja tapi efeknya semua produk makanan.

Karena dulu sewaktu ada isu penghinaan karikatur nabi di Denmark saja..banyak  produk makanan Denmark tidak laku/dihindari  di saudi arabia…ya ini hanya sangsi sosial saja.

Demikian tentang cerita kuliner di Jeddah-KSA dan hanya sekedar berbagi saja.
Wasalamah….
!


Artikel Terkait:

2 komentar: