Friday, February 24, 2012

Oleh-Oleh Yang Layak Di Beli Setelah Umroh Di Makkah-Saudi Arabia..!


1329990692830741382Musim umroh sudah tiba,Masjidil Haram-Mekkah sudah mulai penuh sesak oleh jemaah umroh dari berbagai bangsa..!

Hal ini bisa di pantau juga dari TV Saudi Quran yang 24jam nonstop selalu menayangkan kegiatan ibadah di Masjidil Haram, ada juga TV satu lagi yg memantau tentang Masjid Nabawi-Madinah..yg ini sama juga 24jam memantau tentang kegiatan di Masjid Nabawi-Madinah,hebatnya sepanjang waktu Tv tersebut selalu nonstop tayang tanpa henti setiap hari..!berapa biaya operasionalnya?hanya Pemerintah Saudi Arabia saja yang tahu..!

Memang yang afdol sehabis menunaikan ibadah Umroh Di Masjidil Haram-Makkah,sudah pasti tak lupa ziarah ke Masjid Nabawi-Madinah ini sudah satu paket Tour Umroh sepertinya..!sisanya biasanya untuk mengunjungi berbagai tempat seperti ke Gua Hira,Jabal Uhud,malah kadang Mina dan Arafah juga di kunjungi untuk persiapan nanti jika hendak pergi haji..!tapi perlu menjadi catatan ziarah ke Masjid Nabawi-Madinah itu bukan bagian dari Rukun Umroh,itu hanya ziarah saja tak ada kaitannya dengan ibadah Umroh..!

1329990734551232656 Tapi yang saya bahas adalah mengenai oleh-oleh untuk keluarga di Indonesia..sekedar saran saja oleh-oleh yg pantas di beli di saudi arabia adalah..:

1.Buah Tin
Buah Tin salah satu buah yg sangat lezat yang layak untuk di jadikan oleh-oleh,biasanya sudah dikemas dalam keadaan kering macam selai..tapi harganya lumayan mahal..kadang yg kecil ukuran 200ml saja seharga 5-sr paling isi di dalam kemasan tersebut 8-10 biji..!tapi masalah rasa gak nyesel beli buah tin..!

2.Buah Kurma/Tamar
Ini juga saya rasa semua orang Indonesia sudah tahu,pasti tidak lupa untuk beli buah ini..saran saya saja sebaiknya beli buah kurma yg sudah kering,tapi sebelum beli sebaiknya di coba dulu soalnya takut keras dan tidak manis,jadi tak ada salahnya sebelum membeli wajib cicipi dulu kurma tersebut..!

3.Madu Arab/Yaman
Ini juga bagus dan banyak khasiatnya..

4.Sajadah atau Karpet Iran or Turky
Di saudi sangat banyak,dijual sajadah dan karpet buatan Turky atau Iran,memang kualitasnya bagus dan empuk ..tersedia dibanyak tempat..!

5.Minyak Zaitun
Yang ini mungkin kurang pas buat oleh-oleh di indonesia,soalnya suka kebingungan mau buat apa minyak zaitun ini?kalo di saudi kan buat campuran buat makan foul(kacang2an),tapi katanya kalo di Indonesia bagus buat penyubur rambut,atau bisa juga buat untuk kesegaran kulit caranya dipanasakan sedikit saja dengan lilin baru dioleskan pada kulit yang kering!!

6.Air zam-zam
Kalau yang ini sudah wajib sepertinya,tidak afdol jika pergi ke Makkah,tidak membawa air zam-zam ke indonesia..tapi saya baca saat haji,membawa air zam-zam dibatasi  hanya boleh membawa 5liter karena  berbahaya takut bocor di pesawat..!

7.Emas
Emas di saudi arabia katanya walau sama-sama kadar 24karat masih lebih bagus emas yang di pasarkan di Saudi Arabia..! di Jeddah ada pusat penjualan emas yg sangat ramai di Distrik Syarafiah dekat dengan Bab.Makkah..! tak ada salahnya buat kenang-kenangan membeli beberapa gram emas di saudi arabia..lagi pula situasi kemanan di saudi arabia termasuk menunjang walau pakai emas seperti toko berjalan juga fine2 saja,tentunya lebih baik menjaga diri juga dan berhati-hati..!
Lain-lain silahkan tambahkan..tapi banyak juga barang pecah belah di toko Reyalen(serba 2riyal)yg menjual barang pecah belah dengan kualitas yg sangat bagus..dengan harga yg sangat murah,makhlum  pengusaha saudi arabia banyak yg langsung pergi ke china untuk deal import barang2 pecah belah,jadi jatuhnya harga sangat murah dan qualitas juga sangat bagus..!

Catatan! sebaiknya untuk karpet dan sajadah atau barang2 berat lainya sebaiknya di cargokan saja..!itu lebih murah biayanya paling 7-8 riyal per/Kg via pesawat biasanya 14-16hari sudah samapi di Indonesia..!
Tak lupa idealnya adalah beribadah Sholat Fardhu  di Masjidl Haram,sebanyak mungkin dan sesempat mungkin jangan sampai di lupakan kalau bisa sholat fardhu 5kali wajib dijalani di Masjidil Haram pahalanya itu yg sangat besar 100 ribu X lipat,sementara di Masjid Nabawi 1000 X lipat baiknya dibanding tempat lain..!kapan lagi ada kesempatan sholat di Masjdil Haram atau Masjid Nabawi-Madinah?

Dan banyak-banyaklah sedekah,tapi pada orang yang tepat jangan asal-asalan,yang ini susah soalnya sangat sulit melihat orang cacat atau pengemis di Masjdil Haram,paling adanya pengemis orang berkulit hitam/afrika yg sudah lama bermukim di Makkah dan umumnya mereka sangat sehat dan bugar..jadi sepertinya tak layak untuk mendapat sedekah..walau pada akhirnya  itu kembali kepada masing-masing individu..!mungkin lebih baik memberi sedekah pada orang yang dianggap susah,seperti pekerja clening service dll.!

Salam dari hangat dari Jeddah..!
#pic from Google#
http://www.kompasiana.com/henina


Artikel Terkait:

No comments:

Post a Comment