Saturday, February 11, 2012

Perbedaan Kaya dan Miskin di Saudi Arabia Tidak Terlihat

13289063121464446279Perbedaan miskin dan kaya di saudi arabia memang tidak terlihat dengan jelas..ini dilihat dari kehidupan sehari-hari  yang ada di sekitar tempat tinggal saya,dan saya rasa di tempat lainpun sama saja..!

Mau bicara masalah apa yg bisa membedkan jurang kekayaan di saudi arabia??jika di lihat dari kepemilikan kendaraan/mobil..maka hampir majoritas semua laki-laki dewasa di saudi arabia mempunyai kendaraan/mobil paling yang membedakan jenis merk-nya saja..!tapi jangan tertipu banyak orang yg tergolong menengah kebawah tapi mempunyai mobil mewah,dan ada juga golongan yg high class/pengusaha yg mempunyai mobil yg sederhana..(kalau masalah mobil saya rasa yg membedakan adalah selera)pada dasarnya semua laki-laki saudi arabia mampu membeli mobil jika mau..ya cukuplah bekerja hanya hitungan tak sampai 2tahun sudah mampu membeli mobil yg berharga kisaran 75 ribu sr untuk kategori sedang/1sr=2300rupiah..!

Ini jika kekayaan di takar dari status mobil-nya..(kalau bangsawan/emir lain lagi ya)..!tapi jujur orang saudi dari hasil duit kuliah(kuliah dibayar)saja sudah mampu beli mobil..apalagi yang sudah kerja..?

Jika di takar dari model pakaian..?kebetulan orang saudi arabia,tidak begitu mengenal mode(khusus laki-lakinya),mereka bangga sehari-hari memakai baju Thobe(baju putih-putih),paling banter yg mau beli celana jeans/tshirt itu juga saat musim panas saja dan umumnya berjiwa muda..!tapi tidaklah sampai harus membebani keuangan mereka..artinya mereka hanya membeli pakaian musim panas ya yg harga terjangkau tak peduli made ini china maupun india or Indonesia yg penting enak dipakai dan cukup terjangkau harganya..jadi tak perlu harus tergila-gila product pakaian barat yg terkesan mewah dan glamour..!

1328906415414655013Untuk ukuran pakaian,pakain Thobe adalah pakaian serba guna,mau kerja,mau sekolah,mau ke ladang atau mau pesta sekalipun orang arab saudi bangga dengan pakaian Thobe-nya..!malah jika bergaya ala barat suka mendapat krtikan dari yg lebih tua/dihormati (bahwa mereka seperti orang yg belum dewasa/walau tujuannya adalah agar tidak terjadi persaingan mode di kalangan bangsa arab seperti terjadi dinegara sekuler..).

Kalau di fikir-fikir di saudi arabia lebih mirip seperti idiologi di negara komunis yg sama-sama memakai pakaian yang hampir sama,jika di negara komunis korea utara.pakaian kebesaran mereka adalah modal pak tani hitam-hitam/atau biru laut,maka di saudi yg muslim pakaian kebesaran mereka dalah putih-putih..),tapi jangan salah paham dulu ya..ini hanya masalah pakaian saja,yg terkesan orang arab tidak gila mode..!tapi ada baiknya..kan,mereka tidak gila mode,tapi gila beli mobil dan rumah atau bisnis..!

Kalau masalah gaji gimana ya??nah ini tinggal pintar-pintar orang mencari kesempatan,pada dasarnya kerajaan saudi arabia sudah membuka start yg sama terhadap warganya yakni semua warga saudi arabia berhak mendapatkan pendidikan gratis dari sd-university,jadi pandai-pandailah siapa yg sanggup belajar kuat hingga perguruan tinggi,maka mereka layak mendapatkan kerja dan gaji yg besar,sementara bagi yg malas dan hoby hura-hura di waktu muda,mereka hanya kerja di sektor seperti askari/tentara,sopir taxi atau sopir jarak jauh/kontainer dan satpam/security atau jika yg pandai maka lebih beruntung dengan berdagang.! yang gajinya bisa berlipat ganda..jika pandai berdagang..!

13289065861130056896 Tapi semiskin-miskinnya orang saudi arabia,masih berhak mendapat tunjangan dari pemerintah setiap bulan jika mereka dapat membuktikan bahwa mereka tidak bekerja,besarnya saya kurang tahu pasti,mungkin kompasioner saudi lainnya yg dapat menjelaskan hal ini..!

Tapi jujur kok sangat sulit membedakan mana yg orang kaya dan mana yang orang miskin jika kita jumpa di suatu tempat umum..!

Beda kan jika di indonesia,antara yg orang miskin dengan orang kaya,kadang sudah terlihat dari pakaian,sepatu,celana dan HP-nya..!apalagi yg sudah memiliki mobil di indonesia statusnya sudah lain lagi..!walau mobil itu pada akhirnya membebani pemiliknya karena BBM mahal..!kalo disaudi tak rugi mempunyai mobil,selain bbm murah juga pajak hanya seperlunya saja..!

Salam dari saudi arabia.!
http://www.kompasiana.com/henina


Artikel Terkait:

3 comments:

  1. bismillah...setuju banget dengan pembahasan di atas...btw saya mau jd member susah banget,apa harus punya blog dulu yah?

    ReplyDelete
  2. ga hanya di saudi. di UAE juga gitu. laki-laki say aperhatikan pakai baju putih-putih semua! tiap rumah/apartement pasti ada mobilnya... subhanallah...

    ReplyDelete