Monday, May 14, 2012

Arab Saudi Bakal Bangun PLT Surya Berkekuatan 41 GW di 2023


Arab Saudi Negara yang kaya dengan minyak bakal membangun pembangkit listri tenaga matahari dengan kekuatan 41 gigawatt pada 2023 mendatang. Keputusan itu diambil oleh pemerintah Arab Saudi untuk tidak melulu bergantung pada minyak yang akan habis dengan mengalihkan pada pengembangan energi terbarukan.
 
Menurut Majalah PV, pengembangan tenaga listrik yang dihasilkan juga bersumber dari energy terbarukan lainnya, yaitu 16 gw berasal dari soal panel dan sisanya 25 gw panas bumi.
Dalam pernyataan kepada umum, Raja Abdullah mengatakan, ia berharap negaranya dapat menjadi ‘ kerajaan energi yang berkelanjutan. “Tujuan utama dari program ini adalah pengurangan penggunaan minyak untuk produksi listrik serta pembentukan industri panel surya lokal dan penciptaan lapangan pekerjaan yang lebih luas.”

Rencana pemerintah Saudi tersebut menjadi rencana paling ambisius untuk pengembangan listrik bertenaga surya di dunia. Selain Arab Saudi, India juga akan mengembangkan energy terbarukan besar-besaran dengan membangun program ' misi surya nasional’ dengan membangun pembangkit listrik tenaga surya yang menghasilkan 20 gw selama sepuluh tahun.
 
sumber : treehugger.com


Artikel Terkait:

No comments:

Post a Comment