Monday, April 16, 2012

Persaingan Bisnis di Saudi Arabia Sangat Fair..!

13343480451022359126
dates market in saudi/jazan.org
Hidup dan tinggal di Saudi Arabia memang membuat banyak pengalaman yg berharga,pengalaman yang sudah pasti berbeda dan terkadang sedikit banyak mempengaruhi jalan fikiran kita..!
Contoh saja masalah kehidupan orang-orang arab di Jeddah sini.! di  Jeddah sini antara tetangga satu dengan tetangga lainnya sama mirip-mirip kehidupan di kota besar manapun yakni tidak mengenal tetangga satu dengan lainnya..terutama untuk orang- yang sudah dewasa..apalagi wanitanya..!
Tapi tidak usah kuatir mereka tetep memberi salam jika berjumpa di jalan kok..!walau terkesan Individualistis sekali..!jadi pergaulan mereka biasanya melalui  faktor kedekatan anak-anak  mereka yg satu sekolah dengan jiran-nya..!selain itu bisa juga karena dulu sama-sama satu kerja,satu sekolah/university dan satu daerah semasa anak-anak..!atau paling sering masih satu saudara..nah yg ini bisa lengket dan dekat walau mereka tinggal berjauhan sekalipun..!
Tapi untuk di daerah-daerah masih lumayan ada saling kenal walau tidak ada pertemuan seperti karang taruna atau RT/RW dan nongkrong bareng di depan rumah..!kegiatan seperti ini jarang sekali terjadi di Saudi Arabia..paling mereka akrab jika sering jumpa di Masjid..itu saja ya selama di Masjid saja mereka sekedar basa-basi..!

Jadi yang namanya main ke rumah tetangga dan ngobrol pepesan kosong sangat jarang terjadi di Saudi Arabia..!
Hal ini juga mempengaruhi cara berfikir mereka dalam hal berbisnis..!Bisnis di Saudi Arabia lumayan cerah prospeknya,karena daya beli rakyat Saudi Arabia lumayan tinggi..!
Tak heran karena faktor hal ini banyak orang saudi arabia yg melirik peluang ini..!dan satu lagi jika hendak membuka bisnis di saudi arabia maka tak perlu banyak berfikir tidak enak sama jiran-nya yang sudah usaha sejenis dll.semua pola fikir ala Indonesia tidak berlaku di Saudi Arabia..!
Di Sini adalah hal biasa jika ada orang yang sukses buka usaha Cafe Internet misalnya,maka jangan heran jika tidak lama kemudian jika usaha itu maju di samping-nya persis ada usaha yang sama yakni buka Cafe Internet baru..dengan penawaran dekor dan fasilitas yang lebih baik lagi.. atau lebih murah lagi.
Begitupun jika ada ada Supermarket baru,maka jika usaha itu ramai tak heran dalam waktu tak begitu lama di sampingnya berdiri Supermarket sejenis dengan harga yang lebih bersaing,juga bisnis lainnya seperti toko kurma dan Toko segala oleh-oleh khas arab seperti madu,rempah-rempah,ratus dll, Restaurant,Saloon,Hotel kelas melati ,Toko Perhiasan,Bengkel Mobil,Klinik swasta,Pom Bensin dll.
Bahkan Toko Indonesia dan Restaurant Indonesia-pun kadang berdekatan hanya berjarak beberapa meter saja..padahal kalau di fikir-fikir di tempat lain yg masih jauh masih banyak yang kosong  dan belum ada usaha sejenis,tapi begitulah mereka tidak peduli akan hal ini yang penting bagi mereka adalah ada peluang  bisnis dan mempunyai tempat usaha atau sewa yang terjangkau maka langsung saja buka usaha..!
Pernah saya lihat ada salon wanita yang terkenal sangat ramai pengunjungnya,maka tak berapa lama di sampingnya persis berdiri saloon yang serupa atau cafe internet malah berjejer berdampingan..!apalagi kalau sekelas counter penjualan alat-alat elektronik kalau yang ini malah kadang sampai satu komplek khusus menjual barang-barang elektronik..!begitupun toko pakaian-sepatu-tas dll. itu sudah biasa sekali satu komplek.
Tapi tidak usah kuatir persaingan mereka sangat fair prinsip mereka rejeki sudah ada yang mengatur,jadi tak ada yang namanya sampai pergi ke dukun atau orang pintar agar usaha mereka laris,sementara usaha saingannya bangkrut,yang ini tidak di kenal di Saudi Arabia..!Apalagi sampai berseteru sampai angkat clurit dan mendatangkan preman guna memprovokasi pesaingnya agar tidak laku..! jauh-jauh deh fikiran macam ini..!
1334346243579834527
Al-balad market-jeddah/okaz.com.sa
Yang pasti Bisnis di Saudi Arabia aturannya sangat  jelas dan keamanan juga terjamin,tak pernah dijumpai yang namanya buka Restaurant,Cafe,Ataupun Usaha kecil lainnya kemudian ada preman yang minta jatah setiap bulan atau  setiap hari para pelaku pedagang kaki lima harus setor pada premen dll..!tak pernah ada  orang yg berbuat ala preman di Saudi Arabia..!
Yang penting syarat-syarat mendirikan usaha sudah terpenuhi dan pegawainya yang kebanyakan di datangkan dari luar negri atau TKI mempunyai identitas resmi maka usaha mereka lancar,tak ada pula pajak pendapatan yang harus setor pada Kerajaan setiap bulannya..jika untung besar ya tinggal berfikir melebarkan sayap Bisnisnya dan memenuhi segala aturan yang ada..!paling-paling setiap tahun memperbaharui Izin usaha-nya..dan memenuhi syarat-syarat seperti memenuhi kriteria sehat(bagi Resataurant) atau bisnis kuliner..!
Simple dan tidak berbelit itulah hukum di Saudi Arabia..!mau bisnis apa saja tak perlu  setor uang jatah pada si anu dan si itu..tak ada kasus macam ini di Saudi Arabia..!

Salam sejahtera selalu dari Negri Gurun..!
www.kompasiana.com/henina


Artikel Terkait:

No comments:

Post a Comment