Senin, 02 September 2013

Arab Saudi Dirikan Gerbang Mekkah

MEKKAH,— Arab Saudi akan membangun sebuah kota baru dengan kapasitas 600.000 orang di dekat kota suci, Mekkah.

Kota baru yang dinamakan Makkah Gate (Gerbang Mekkah) ini dikembangkan di bawah kemitraan publik dan swasta dan menempati area di perlintasan Mekkah-Jeddah. Terdapat 45 distrik dalam wilayah kota baru ini.
Menurut Wali Kota Mekkah, Osama al-Bar, area Mekkah Gate membentang seluas 83 juta meter persegi. Di dalamnya tercakup lembaga pendidikan, kantor pemerintah, pusat perbelanjaan, perumahan, dan taman nasional.

"Rancangan induknya telah mendapat persetujuan hari Ahad lalu (1/9/2013)," ungkap Osama.

Makkah Gate merupakan bagian dari rencana besar negeri Jazirah Arab ini untuk membangun kota-kota baru di seluruh wilayah kerajaan. Kota-kota baru tersebut akan dikembangkan, terutama, di dekat kota suci Mekkah dan Madinah sebagai kota yang mengalami pertumbuhan populasi paling pesat.
Proyek kota baru ini merupakan diversifikasi proyek sebelumnya yang diumumkan pada Juli lalu, yakni "kota ziarah". Kota ziarah didedikasikan untuk 200.000 Muslim yang melakukan perjalanan ke Madinah untuk haji dan umrah.

Bangunan-bangunan utama di Makkah Gate dirancang seluas 1,6 juta meter persegi, dilengkapi  fasilitas hotel, apartemen, sebuah stasiun kereta api dan bus, kantor pemerintah, dan rumah sakit dengan daya tampung 400 tempat tidur.(Kmps)


Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar