Selasa, 03 September 2013

Kawah Seputih Mutiara di Tengah Gurun Arab Saudi


Kawah Al Waba, Arab Saudi (Foto: Amusingplanet)
DI tengah kondisi Arab Saudi yang bergurun, ada sebuah pemandangan unik yang tak akan Anda temukan di tempat lain. Pemandangan tersebut adalah sebuah kawah berwarna putih seperti mutiara.

Kawah tersebut bernama Kawah Al Wahaba, letaknya di gurun Arab Saudi, sekira 254 kilometer dari Kota Taif, di tepi barat Dataran Tinggi Hafer Kishb yang berisi banyak kerucut vulkanik. Kawah ini yang terbesar di Timur Tengah, diameternya 2 kilometer dan tingginya dari tepi kawah ke dasar mencapai 250 meter. Yang paling menarik adalah warna kawahnya yang putih cemerlang karena zat kristal sodium fosfat. 

Dulu, banyak yang mengira kawah ini terbentuk karena meteor yang menabrak bumi. Namun, kemudian diketahui bahwa kawah ini dibentuk oleh aktivitas vulkanik dari dalam yang bersentuhan dengan air di dalam bumi, seperti dikutip dari Amusingplanet, Selasa (3/9/2013).

Area tempat kawah ini berada memang dulunya mengalami aktivitas vulkanis yang sering. Di sekelilingnya terdapat dataran pasir, yang terdiri dari tumpukan abu vulkanik. Sementara, di sebelah utara kawah terdapat pepohonan palem dan rumput yang menghijau.

Karena itu, jangan lupa saat mengunjungi kawah seputih mutiara, gunakan masker atau penutup hidung. Abu dan pasir di sekitarnya bisa mengganggu pernapasan Anda.(travel.okezone.com)


Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar