Selasa, 03 September 2013

Arab Saudi Perbanyak Alquran Braille

RIYADH -- Organisasi amal Arab Saudi memperbanyak Alquran dengan huruf braille di wilayah setempat dan negara Arab Lain. Sebanyak 200 kopi Alquran didistribusikan untuk orang berkebutuhan khusus. Distribusi merupakan tahap kedua untuk memperbanyak alquran braille. Tahap pertama distribusi telah dilakukan pada akhir 2012.

"Sebagian besar orang dapat membacara Alquran dari braille, tapi mereka tidak punya cetakkannya, dan 20 persen Alquran cetak braille didistribusikan ke sekolah baik di dalam mau pun luar Saudi," ujar Sekjen Asosiai untuk Peningkatan Visual, Muhammad Tawfiq Bellow dikutip Arabnews, Selasa (3/9). 

Berdasarkan studi yang dikeluarkan asosiasi, sekitar 27 persen orang berkebutuhan khusus bisa membaca dan menulis dalam braille. Bahkan 60 persen di antaranya mahir dan profesional. Bellow mengatakan, sebagian besar orang berkebutuhan khusus penglihatan butuh Alquran braille. Namun, hanya sedikit cetakan Alquran braille yang dipublikasikan. 

Dia mengatakan, teknologi percetakan harus membuat mekanisme cetak dengan braille. Dia meyakinkan akan terus mendistribusikan Alquran Braille. Cetakan Alquran braille memiliki enam edisi. Setiap edisi memiliki 991 halaman dan dibagi dalam lima bagian. (Rep)


Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar