Jumat, 16 November 2012

Picu Kontroversi, Game Tekken Modifikasi Stage 'Saudi Arabia'

detail berita
Stage Saudi Arabia (Foto: Justpushstart)
TOKYO - Game yang dikembangkan studio Namco Bandai, Tekken Tag Tournament 2 (TTT2) menuai kontroversi terkait menampilkan simbol agama tertentu di salah satu stage (arena bertarung) dalam permainan.

Katsuhiro Harada, produser game angkat bicara melalui kicauan twitter bahwa pihaknya akan segera mengganti desain pada bagian tertentu di stage Saudi Arabia. Hal ini penting guna menghindari terjadinya kontroversi yang memanjang.

"Kami tidak mengetahui hal itu. Kami akan ganti data desain stage secepat mungkin. Kami tidak bisa membaca hal itu," kata Harada, seperti dikutip situs Kotaku, Senin (29/10/2012).

Seperti diketahui, stage Saudi Arabia di game TTT2 menampilkan beberapa tulisan Arab di lantai arena bertarung. Tulisan arab tersebut merupakan lafadz Allah.

Situs Joystiq melaporkan, masalah ini kemudian mencuat lantaran tekstur lantai pada stage Saudi Arabia, menampilkan pola bintang-bintang yang di dalamnya berisi tulisan Arab (lafadz Allah). Harada mengungkapkan, elemen desain ini sepenuhnya merupakan "kecelakaan" atau tanpa unsur kesengajaan.

Akun twitter @DENGOJIN, sebelumnya pada 22 Oktober 2012 telah menegur akun @Harada_TEKKEN, ia mengungkap bahwa terdapat kesalahan besar dengan menempatkan simbol agama tertentu pada lantai dalam stage Saudi Arabia.

Selain itu, pada 23 Oktober 2012, akun @iSymbiox melontarkan permintaannya kepada akun Harada untuk menghapus simbol tersebut di stage Saudi Arabia, karena ini sangat menyinggung umat muslim.

Harada berjanji untuk memperbaiki kesalahan ini dan menghormati orang-orang yang telah menegur atau mengoreksi game TTT2. "Terima kasih atas jawaban. Kami sangat menghargai itu! Hidup Tekken," tulis akun @iSymbiox.

Kejadian serupa yang memicu kontroversi terkait agama juga pernah terjadi beberapa pekan lalu, situs Justpushstart melaporkan bahwa terdapat gambar yang menampilkan lafadz Allah, yang ditempatkan di atas toilet dalam peta Favela pada game bergaya first person shooter (FPS), Call of Duty: Modern Warfare 2.

Penerbit game, Activision dengan cepat merespon hal tersebut dan peta Favela kini sudah dapat dimainkan kembali. Hal ini juga perlu dilakukan pada game TTT2, pihak Namco Bandai Games diharapkan segera melakukan update dan menghapus simbol tersebut di lantai arena bertarung Saudi Arabia. (fmh)
Okezone


Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar