Senin, 22 Oktober 2012

Awas Situs Hewan Kurban Palsu

hewan kurban1NEW DELHI – Temuan situs website palsu yang menjual hewan kurban atau Udhiyah untuk para jemaah Muslim membuat Muslim India resah.

“Situs website ini mengaku dikelola oleh Bank Pembangunan Islam IDB di Jedah (Arab Saudi),” ujar seorang anggota Komisi Haji Pusat India CHCI. Situs website gadungan itu menawarkan Udhiyah bagi para calon jemaah haji yang akan berkurban selama Idul Adha yang dimulai pada 26 Oktober nanti.

Namun para pejabat menemukan bahwa website, www.hajhous.in/index_qurbani.php, adalah palsu setelah mendapat pemberitahuan dari pemerintah Arab Saudi.

“Konsul jendral memberitahua kmi setleah diinformasikan oleh IDB,” ujar pejabat India itu seraya menyebut Konsul Jendral Saudi Faiz Ahmad Kidwai.

Pemerintah menemukan bahwa website itu dikelola oleh perusahaan yang beroperasi dari Mehdipatnam, yang meregister nama domain website, dan dikunjungi sekitar 31.000 pengunjung internet.

IDB yang berpusat di Jedah, juga menegaskan bahwa situs itu palsu guna menyesatkan publik. Untuk itu IDB tidak bertanggung jawab atas pemesanan Udhiyah melalui situs itu karena IDB dan India tidak melakukan aktivitas berkaitan dengan hewan kurban. Atas temuan itu, pemerintah India masih menaksir dampaknya terhadap jemaah haji.

“Qadim-ul-hujjaj (pelayan haji) tetap memperhatikan pengiriman kurban. Tahun lalu, kurban mencapai sekitar 350 riyal Saudi. TAhun ini harganya sekitar 450 riyal Saudi atau 4.500 rupee,” ujar seorang pejabat di Komisi Haji negara bagian Andhra Pradesh (APSHC).

Menurut APSHC, hanya bank Al Rajhi dan Saudi Post yang memiliki wewenang untuk mengumpulkan biaya Udhiyah dari para jemaah haji.
Editor — Maghfur Ghazali


Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar