Selasa, 16 Oktober 2012

Pedagang Buah di Jeddah-KSA Ini, Kebanyakan Orang Arab Yaman

1349802167163565682
cameranicabrerall.wordpress.com/ fruit vendors in Al Imam Abdulaziz Street, Faisaliah District, Jeddah (Saudi Arabia).

Musim panas sudah hampir berlalu di Jeddah-Saudi Arabia,tapi masih cukup banyak pedagang buah seperti melon,semangka,anggur. dan pisang di pinggir jalan..!terkadang juga jual kentang dan bawang merah dalam kemasan khusus.

Yang unik mereka menggelar dagangan mereka di pinggir jalan dengan gerobak sederhana ala kadarnya,kadang saya sedikit kasihan karena mereka berjualan buah-buahan di tengah terik matahari yang menyengat dan kadang tidak memakai payung pelindung.

Entah karena sengaja biar di kasihani atau karena mereka memang hoby berpanas ria sehingga terkadang cenderung menyiksa diri atau bisa juga karena keterbatasan modal.

Tapi yang saya salute dengan mereka adalah semangat berniaga atau semangat ber-dangan-nya yang sangat tinggi dan pantang menyerah,mereka tidak korupsi dan mencari penghasilan dengan cara-cara yang halal!

Walau mungkin keuntungan yang didapat tidaklah besar sangat,tapi mereka melakukan dengan cara yang terhormat..!

1349801384240374910
almiskeenah.blogsome.com/grapes madinah

Terkadang saya sedikit malu,melihat mereka rela berpanas-panasan untuk sekedar mendapatkan rejeki halal ini..!sungguh saya harus angkat topi pada orang-orang ini..!

Oh..ya..perlu diketahui,para pedagang buah ala kaki lima ini kebanyakan orang-orang dari Yaman dan mereka juga banyak yang ilegal,tapi kadang di biarkan saja sama Police Saudi Arabia,karena mungkin kasihan dan tidak tega jika menangkap mereka,apalagi hasil dari berdagang macam ini untungnya juga tidak seberapa besar.

1349801919181328044
shutterstock.com/kaki 5di madinah

Ada juga jika sudah punya modal biasanya para pedagang ini menyewa sebuah kios buah-buahan di supermarket. dan yang menyewa kios permanent di supermarket lebih nyaman kondisinya,karena ada AC dan tidak berpanas ria diterik matahari..!

Tapi saya perhatikan untung dari bisnis jual beli sayur dan buah-buahan ini sepertinya tidak begitu banyak,ada pula para pedagang ini yang jualan di depan masjid dan menggelar daganganya setelah sholat fardhu di masjid-masjid yang ada di Saudi Arabia..!

Apapun mereka patut di jadikan contoh,karena mereka tidak berdiam diri dan selalu berusaha untuk mengais rejeki dari Allah dengan cara berdagang ini.mereka benar-benar menjadi manusia seutuh-nya yakni menjadi kafilah di muka bumi..!

Satu lagi walau mereka punya paras wajah yang cukup menarik,tapi tidak bermanja-manja ala artis-artis di Indonesia yang kebanyakan cuma bisa jual tampang dan tidak mau bekerja keras,kalaupun kerja keras orang yang merasa ganteng/cantik di Indonesia tidak mau kerja yang kasar-kasar..!sementara di Saudi sini orang tidak memandang wajah or tampangnya,karena memamg berjibun orang berwajah menarik..dan mereka tetaplah menjadi pedagang kaki lima walau berwajah menarik sekalipun!

Salam sehat selalu!!
http://www.kompasiana.com/deltapro



Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar