Senin, 29 Oktober 2012

Nyamannya Kereta Cepat Arab Saudi

Nyamannya Kereta Cepat Arab SaudiLiputan6.com, Riyadh: Para jemaah haji kini dapat merasakan kereta super cepat yang disediakan pemerintah Saudi Arabia. Kereta Metro, yang merupakan kereta super cepat ini melayani rute Jamarat, Mina, Muzdalifah, dan Arafah dengan waktu 15 menit.

Bila menggunakan bus, jemaah haji memerlukan waktu tujuh jam untuk mencapai lokasi tersebut. Untuk menikmatinya, penumpang perlu merogoh kocek 250 riyal atau sekitar Rp 600 ribu.

Kecanggihan kereta ini diantaranya mampu membawa 70 ribu penumpang dalam satu jam. Sayangnya, kereta yang dirakit di China ini hanya melayani penumpang selama delapan hari dalam tiap musim haji. Operasi dan pengawasan kereta pun terus dilakukan lantaran menyangkut nasib ratusan ribu jemaah haji dari berbagai negara.

Rencananya, pemerintah setempat akan mengembangkan rute kereta tersebut. Kereta yang hanya melayani rute Arafat-Jamarat berjarak 18 kilometer ini akan dikembangkan sampai Masjidil Haram. Tak hanya itu, kereta ini juga berusaha memecahkan rekor dunia dengan mengangkut 540 ribu jemaah dalam tujuh jam.

Sementara itu, bagi jemaah haji asal Indonesia, fasilitas tersebut belum bisa dinikmati. Fasilitas tersebut baru dirasakan warga Arab dan sejumlah negara Timur Tengah, Asia, Eropa, dan Amerika. Hal ini ini lantaran kuota haji negara-negara tersebut jumlahnya lebih sedikit ketimbang Indonesia. (ALI/YUS)
 



Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar