Sabtu, 12 Januari 2013

Raja Arab Saudi izinkan perwakilan wanita di Dewan Syura

Raja Abdullah
Raja Abdullah
Sindonews.com - Raja Arab Saudi, Abdullah telah menunjuk 30 wanita untuk duduk di Dewan Syura. Ini adalah pertama kalinya dalam sejarah, kaum wanita bisa masuk dalam badan penasehat kerajaan. Keputusan yang dikeluarkan pada Jumat (11/1/2013) ini menandai terobosan dalam tubuh Kerajaan Arab Saudi yang dikenal menerapkan pembatasan ketat bagi kaum wanita.

Raja Abdullah mengambil keputusan itu setelah berkonsultasi dengan para pemimpin agama di Arab Saudi, yang menerapkan versi ketat hukum syariah Islam. Kerajaan Arab Saudi mengalokasikan kuota 20 persen di dewan konsultatif bagi kaum wanita yang ditunjuk oleh raja untuk menasehatinya tentang kebijakan,  tetapi mereka tidak bisa mengatur.

"Ini adalah kejutan yang baik dan janji yang telah dipenuhi. Raja bertekad untuk menempatkan perempuan di pusat perhatian. Ini akan menyuarakan, bahwa Arab Saudi akan mengamankan lebih banyak hak bagi kaum perempuan,” kata Novelis wanita Arab Saudi, Badriya al-Bishr.

Namun, dekrit ini tetap menerapkan pedoman yang ketat. Anggota Dewan Syura pria akan dipisahkan dengan kaum wanita. Perempuan akan duduk di daerah khusus dan masuk ke ruang Dewan Syura melalui pintu terpisah agar tidak bergaul dengan rekan-rekan pria mereka.

Raja Abdullah telah dengan hati-hati melakukan perubahan.


Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar