Selasa, 15 Januari 2013

Universitas Termewah di Riyadh

1357194254878950760
Salah satu gerbang masuk di universitas khusus perempuan prince Noura university. foto dokumen pribadi

Oleh : Arke
Riyadh sebagai ibukota salah satu negara terkaya di jazirah yaitu Arab Saudi sudah bisa disejajarkan dengan kota-kota besar lainnya didunia, seperti New York di Amerika maupun Moskow di Russia. Dibalik eksklusifnya gaya hidup orang Saudi, tersimpan banyak cerita menarik dan unik untuk dikupas, tentunya tanpa tendensi apapun didalamnya.

Disini saya ingin sekedar berbagi informasi kecil tentang kemewahan sebuah universitas di Riyadh.
Kenapa saya katakan mewah?

Uninversitas mewah tersebut adalah Princess Noura bint Abdulrahman Univerity for Women. Mungkin universitas ini menjadi satu-satunya universitas yang dilengkapi dengan fasilitas akomodasi berupa kereta api monorel yang berfungsi sebagai alat transportasi mahasiswi di tempat itu.

Seperti umumnya sekolah-sekolah di Arab Saudi, universitas ini juga menggunakan transortasi khusus untuk menjemput para murid dari rumah tinggal masing-masing,nah kelebihan di universitas ini, ada kereta api khusus yang akan menjadi penyambung kaki para mahasiswi menuju ke kelasnya masing-masing. Karena saking luasnya area tempat para mahasiswi menuntut ilmu.

Kebetulan saya mempunyai teman yang saudara perempuannya beruntung bisa sekolah di universitas ternama di negara tersebut, yang memang dikhususkan untuk perempuan saja. Jadi saya bisa sedikit berbagi cerita mengenai kelebihan universitas termewah sekaligus terbesar di timur tengah tersebut.

Nama universitas ini diambil dari nama Putri Nourah binti Abdulrahman, adik Raja Abdulaziz. Nourah dalam bahasa Arab berarti “cahaya”.
135722442837491973
Princess Noura University

Kampus PNU menyebar lebih dari 8 juta meter persegi, termasuk sebuah perpustakaan baru yang akan menampung 4,5 juta buku. Ada 800 bangunan dan sepuluh pintu gerbang antara Riyadh dan kampus universitas. Selain perumahan untuk staf universitas dan mahasiswa, fitur masjid, sekolah dan TK untuk anak-anak, dan fasilitas rekreasi. Ini adalah salah satu dari sepuluh universitas terbesar di dunia dan universitas terbesar bagi perempuan.

Kampus ini juga mencakup fasilitas olahraga yang dapat digunakan siswa. Namun, mereka belum dibuka untuk melayani para siswa.

Universitas ini didirikan pada tahun 1970 sebagai Universitas Riyadh for Women. Raja Abdullah meluncurkan pembangunan institusi terbesar dan paling modern di dunia perempuan pendidikan tinggi di kota pendidikan mandiri yang lebih tinggi. Visi ini telah menjadi kenyataan dengan dibukanya City University untuk Putri Noura Binti Abdulrahman University untuk Wanita. The City University diharapkan akan berfungsi penuh pada tahun 2012. Raja Abdullah mengatakan:

Perempuan membawa tanggung jawab yang lebih dari kewajiban, untuk menjaga stabilitas masyarakat dan berkontribusi untuk membangun perekonomian bangsa, dan untuk mewakili masyarakat dan bangsa dengan standar tertinggi, di luar dan di dalam negeri. Untuk menjadi ibu peduli, warga teladan dan karyawan yang produktif. Di luar negeri, menjadi duta negara dan masyarakat, dan mewakili baik agamanya, iman dan nilai-nilai kita

Perempuan merupakan 58% dari mahasiswa Arab Saudi tetapi hanya 14% dari angkatan kerja, jauh lebih sedikit daripada di negara-negara Islam tetangga. 85% dari wanita Saudi bekerja di bidang pendidikan, 6% dalam kesehatan masyarakat, dan 9% di sektor publik.
sumber gambar disini

sumber : http://www.kompasiana.com/ar48k3r3


Artikel Terkait:

2 komentar: