Senin, 25 Maret 2013

Aktifnya Police Saudi Arabia Berpatroli

Oleh Nessma Z

Kemarin malam saya secara tidak sengaja jumpa teman lama pernah sama-sama menjadi TKI sewaktu dulu di Sakaka-Aljouf,tapi sekarang dia bekerja di Madinah sebagai Sopir Rumah,jumpa dia saat saya hendak pulang kerja dan sehabis belanja untuk makan malam sekitar jam 12.30 Dinihari.

Kebetulan malam Jumat dan dia saat itu sedang ngobrol dengan teman sesama sopir di depan rumah menunggu Majikan yang sedang Miswar/jalan-jalan ke Jeddah dari Madinah.

Temanku sebut saja Mas Ahmad dari Cirebon,ini untuk ke dua kalinya bagi dia sebagai TKI di Saudi Arabia,setelah yg dulu bekerja sebagai TKI di Supermarket dan pulang ke Indonesia kemudian daftar lagi sebagai sopir pribadi di Madinah.sementara Istri dia juga kerja menjadi TKW di Kuwait,sementara anak-anaknya sama nenek mereka di kampung.

Karena lama tidak jumpa jadi ngobrol banyak di depan rumah yang lapang dan dekat jalan raya sampai pukul 3AM.

Kami bertiga ngobrol panjang lebar,mulai kondisi di Indonesia dan keadaan di saudi arabia,saat ngobrol begini Police di Jeddah lumayan banyak yang berpatroli,tapi mereka tau..kalau yg ngobrol orang Indonesia di pinggir depan rumah biasanya di anggap sedang Miswar/mengantar Madam Arab makanya sama Police di biarkan saja walau sampai dinihari.
http://www.arabnews.com/sites/default/files/imagecache/galleryformatter_slide/SAU_JEDDAH-POLICE-SWEEP_BINARY_217964.jpg
www.arabnews.com /Police in Jeddah

Kami juga ngobrol tentang betapa aktifnya Polisi berseliweran di sepanjang jalan baik di Jeddah maupun di Madinah,Mas Ahmad malah sedikit kaget karena di Jeddah Police tidak seketat macam di Madinah dimana setiap gang-jalan dan setiap saat selalu ada saja patroli polisi baik yg memakai baju Uniform maupun yang pakai baju biasa untuk menyamar,karena saking seringnya jadi dia sudah kenyang di tanya sama Police saat sedang jalan atau disuruh beli sesuatu oleh majikan ke supermarket terdekat dengan Rumah.

Ya Mobiltas polisi di Saudi Arabia memang sangat tinggi,apalagi di kota-kota pedalaman saudi arabia pasti penjaga-an-nya lebih ketat dan patroli mereka lebih aktif dimana-mana.

Tak heran ke amanan  di saudi arabia termasuk lumayan bagus,mereka polisi juga sangat aktif bergerak saat ada pengaduan langsung dari masyarakat tidak sampai 15-20 menit mereka sudah menuju ke lokasi,contohnya  tempo hari ada keributan antara sesama pengendara yang berujung adu mulut mungkin salah satu dari mereka bicara kasar,maka si lawan bicaranya tidak terima dan langsung call police tidak lama kemudian Police datang dan mengamankan salah satu yg tertuduh untuk di bawa ke kantor Police untuk di mintai keterangan,padahal sepertinya masalah sepele..hanya masalah menyalip mobil yg membuat komplain pengemudi didepannya.

Tapi berujung ribut adu mulut,untungnya di saudi walau marah macam manapun bagusnya tidak main tangan alias hanya ribut mulut saja,jadi tidak berani saling pukul,soalnya siapapun yang memukul duluan dialah yg salah..jadi cukuplah ribut dengan teriak-teriak tapi ya hanya sebatas teriak saja..jangan main kasar/fisik.

Mengenai tingginya mobilitas polisi di saudi arabia ini berakibat suasana yang aman bagi orang yg berdomisili di kota-kota di saudi arabia,tak heran kasus perampokan dan maling sangat jarang terjadi,toko-toko emaspun aman sentosa tanpa perlu penjagaan seperti satpam dll.kecuali macam apotik yang buka sampai 24 jam atau supermarket yg buka 24jam biasanya ada security satu orang yang jaga,tak perlu banyak-banyak,toh Polisi di sini selalu berpatroli 24jam.

Beda dengan di kita…Polisi  datang dan bekerja tapi malah duduk di kantor hanya membereskan masalah adminitrasi sementara yang berpatroli di lapangan  bisa dihitung jari dalam berpatroli,tak heran keamanan dikita  juga kurang terjamin,perampokan toko emas dan kejahatan penodongan serta pembunuhan sering terjadi di negara kita.

Semoga  para Bapak Police Indonesia  yang terhormat tersebut kedepan lebih aktif lagi berpatroli dan turun ke lapangan,baik yang memakai Uniform maupun yang tidak.

Wassallamah..!

diambil dari http://lifestyle.kompasiana.com/urban/2013/03/10/aktifnya-police-saudi-arabia-berpatroli-540850.html


Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar