Minggu, 03 Maret 2013

Arab Akan Kirim Dosen ke Aceh

TRIBUNNEWS.COM, BANDA ACEH - Duta Besar (Dubes) Arab Saudi untuk Indonesia, Mustafa Ibrahim mengatakan, Arab Saudi siap mengirim dosen atau guru ke Aceh, terutama untuk mengajarkan bahasa Arab. Pengiriman ini untuk meningkatkan kerja sama di bidang pendidikan antara Arab-Aceh.

Mustafa Ibrahim menyampaikan hal itu menanggapi harapan Wakil Gubernur (Wagub) Aceh, Muzakir Manaf saat Dubes Arab Saudi dan rombongan ini berdiskusi di ruang kerja Wagub Aceh di Banda Aceh, Rabu (27/2/2013).

“Kami juga komit meningkatkan kerja sama di bidang pendidikan dengan Aceh, apalagi sudah ada lembaga pendidikan yang sedang dibangun Arab Saudi di Banda Aceh. Karena itu, tenaga pendidik di Arab juga siap untuk dikirim ke Aceh,” kata Dubes tanpa menyebut nama lembaga pendidikan yang sedang dibangun itu.

Sedangkan jika ada mahasiswa Aceh yang ingin mendapatkan beasiswa ke Arab Saudi, Mustafa Ibrahim menyatakan, mereka menyediakan 215 beasiswa internasional di Madinah serta 250 beasiswa studi Islam dan umum di seluruh Arab Saudi, kecuali kedokteran. Meski itu kuota secara internasional, namun kata Mustafa, mereka bisa memprioritaskan untuk mahasiswa asal Aceh.

Mustafa menambahkan, Arab Saudi juga siap melakukan kerja sama di bidang investasi dan ekspor impor dengan Aceh, apalagi setelah mendengar penjelasan Wagub bahwa Pemerintah Aceh akan mempermudah semua proses ini. “Kami dengan senang hati melakukan ini. Yang pesting, ada kepastian hukum,” kata Dubes.

Sedangkan menyangkut usulan Wagub tentang penambahan kuota haji untuk Aceh, Mustafa Ibrahim menyampaikan permintaan maaf. Alasannya, itu sepenuhnya kewenangan Pemerintah Arab Saudi dengan mempertimbangkan jumlah umat muslim di setiap daerah.

Pertemuan Wagub dengan Dubes dan rombongan yang dimulai sekitar pukul 12.00 WIB itu berlangsung sekira satu jam. Selanjutnya, rombongan Dubes menuju Kampus Universitas Muhammadiyah (Unmuha) Aceh di kawasan Batoh, Banda Aceh. (Serambi INdonesia/sal)


Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar