Minggu, 03 Maret 2013

Saudi Berhasil Tangkap 18.000 Pengemis

Saudi Berhasil Tangkap 18.000 PengemisCYBER SABILI-RIYADH: Kantor Penanggulangan pengemis yang di bawah Departemen Sosial berhasil menangkap lebih dari 18.000 pengemis pada tahun lalu, kata Departemen Sosial Saudi, Selasa (26/2/13).

19 persen dari pengemis yang ditangkap adalah warga Saudi yang mana jumlah pengemis wanita Saudi mencapai lebih dari 2.000 orang. Riyadh memiliki jumlah terbesar dari pengemis yang mencapai lebih dari 10.000 orang ditangkap, diikuti oleh Jeddah, 3.000 pengemis.

Dalam menangkapan ini, Kantor Urusan Sosial bekerja sama dengan Kantor Kementerian Dalam Negeri Saudi.

Pengemis Saudi yang ditangkap akan diselidiki dan diserahkan kepada pihak berwenang, sementara pengemis asing akan dideportasi.

Sebuah laporan yang dikeluarkan Kementerian Sosial Arab Saudi menunjukkan bahwa sebanyak 82 persen pengemis yang ditangkap petugas tahun 2010 berasal dari luar negeri.

Pengemis warga asing yang terjaring, tidak sedikit yang datang ke Saudi awalnya dengan tujuan untuk melaksanakan ibadah haji atau umrah. Sementara sebagian lain ada yang masuk secara ilegal.

Sementara itu jumlah pengemis warga Saudi yang tertangkap mencapai 18 persen.

Ketika pengemis Saudi ditangkap, kasus mereka dipelajari dan Kementerian Sosial berkoordinasi dengan pihak terkait untuk membantu warga tersebut. Jenis bantuan yang diberikan, ditetapkan berdasarkan hasil penyelidikan pihak berwenang.

Kementerian Sosial, yang diwakili oleh kantor antipengemis dan kantor pelaksana departemen terkait, sepanjang tahun melakukan kampanye gabungan untuk mengatasi masalah pengemis.

Upaya menghapuskan pengemis dilaksanakan oleh kementerian dalam negeri, sosial, tenaga kerja, kebudayaan dan informasi, serta urusan Islam. Komisi Amar Ma'ruf dan Nahi Munkar juga ikut serta dalam upaya pengentasan pengemis tersebut.(sg)


Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar