Minggu, 03 Maret 2013

Arab Saudi Berencana Membangun Universitas di Sumatera Utara

Medan - Duta Besar Kerajaan Arab Saudi Syekh Musthafa Ibrahim Al-Mubarak menyampaikan niat negaranya untuk membangun universitas di Sumatera Utara.

Pelaksana Harian Gubernur Sumatera Utara H Nurdin Lubis di Medan, Sabtu membenarkan niat Kerajaan Arab Saudi untuk membangun tiga universitas di Indonesia dan salah satunya berlokasi di Sumatera Utara (Sumut).

Saat kunjungan Dubes Arab Saudi ke Medan, Plh Gubernur Sumut menjelaskan potensi Sumut yang memiliki sumberdaya alam melimpah, tanahnya subur, masyarakatnya banyak dan hidup berdampingan dengan harmonis.

Nurdin berharap dengan kunjungan Dubes Arab Saudi ke ruangan kerjanya dapat menjalin kerjasama dan memberikan kontribusi kepada Pemerintah Indonesia khususnya Provinsi Sumut.

Bahkan, dia mengatakan, banyak warga Sumut yang menempuh pendidikan di Arab Saudi.Kemudian Nurdin berharap semoga bisa terjalin kerja sama terutama dalam bidang pendidikan dan tidak menutup bidang yang lain antara Pemprov Sumut dengan Arab Saudi.

Nurdin melaporkan bahwa di Sumut sedang dibangun kawasan industri Sei Mangkei pusat produksi Sawit yang didirikan diatas lahan 3.000 hektare.

Nurdin mengatakan, Pemprov Sumut juga membuka peluang besar bagi Kerajaan Arab Saudi bila ingin berinvestasi dibidang hasil hilir sawit nantinya.

Sementara itu, Duta Besar Arab Saudi, Syekh Musthafa mengatakan, tidak menyangka pembangunan di Sumatera Utara demikian pesatnya, dan jauh lebih indah dari apa yang dibayangkannya selama ini.

Syekh Musthafa yang didampingi Syeikh Ibrahim Sulaiman An-Nughaimsy Direktur Atase Agama Saudi Arabia menyebutkan keinginannya mengadakan kerja sama dengan Pemerintah Indonesia dengan membangun tiga Universitas dan salah satunya di Sumatera Utara.

Dia mengatakan, bila sudah ada izin dari Pemerintah Indonesia dan Provinsi Sumut, maka akan segera mereka tentukan tempat akan dibangunnya Universitas Qasim.

Saat berada di Sumatera Utara, Syekh Musthafa juga menyempatkan mengunjungi beberapa Universitas dan Pesantren diantaranya Universitas Sumatera Utara (USU), Instititut Agama Islam Negeri (IAIN) Sumut.

Universitas Islam Sumatera Utara (UISU) dan 3 pesantren lainnya.

Kunjungan tersebut bertujuan ingin bersilaturahim dengan masyarakat Sumatera Utara khususnya Civitas Akademika guna mencari informasi lebih jauh tentang dunia pendidikan di Sumut.

Syekh Musthafa berharap kunjungan pertamanya kali ini akan disusul dengan kunjungan berikutnya dan semoga kerja sama dapat terjalin erat kedepan.

Acara pertemuan tersebut diisi dengan saling memberi cinderamata, Plh Gubernur Sumut H Nurdin Lubis mengulosi Dubes Arab Saudi Syekh Musthafa sebagai tanda terimakasihnya.Suasana terlihat semakin akrab ketika Syekh Musthafa berjanji akan mempelajari Bahasa Indonesia agar komunikasi semakin mudah dan lancar.


Penulis: Yudo Dahono/YUD
Sumber:Antara


Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar