Jumat, 08 Maret 2013

Anak Terlantar di Saudi

Jumlah Anak Terlantar di Saudi MeningkatCYBER SABILI-MAKKAH: Ada 1.375 anak-anak terlantar di Makkah dan jumlah ini terus meningkat, kata pejabat Departemen Sosial Saudi Al-Afghani Sireen, Rabu (6/3/13).


Mereka termasuk 793 perempuan dan 582 anak laki-laki. "Karena mereka tidak memiliki surat-surat identitas dan kita tidak bisa membedakan antara Saudi dan warga asing, maka mereka semua diperlakukan sebagai warga negara Saudi dan diberikan surat identitas untuk melindungi hak-hak mereka," katanya lagi.

Dia mengatakan, 30 anak yatim piatu yang diambil paksa dari keluarga asuh mereka setelah ditemukan bahwa keluarga asuh itu tidak merawat mereka dengan baik.

"Sebelum kita melepaskan yatim piatu ke keluarga yang akan mengasuhnya, kami benar-benar memeriksa latar belakang keluarga itu dari aspek ekonomi, sosial dan kesehatan. Kami melakukan pemeriksaan kesehatan pada ibu, ayah dan anak," tambahnya.

Al-Afghani mengatakan, setiap keluarga yang ingin membiayai anak yatim harus membawa tiga orang untuk bersaksi bahwa dia adalah berasal dari keluarga baik-baik dan memenuhi syarat untuk menjadi orang tua asuh.

"Keluarga itu juga harus memberikan surat dukungan yang dicap persetujuan dari Umdah (Bupati) sebelum diberikan anak yatim," katanya lagi.

Al-Afghani mengatakan, untuk menilai kebutuhan dan persyaratan, kantornya akan menindaklajuti anak yatim dengan keluarga angkat mereka dan sekolah-sekolah. "Kantor ini memiliki tujuh pekerja wanita dan tiga laki-laki pekerja sosial," tambahnya.

Kementerian Sosial membayar keluarga asuh yang mengurus anak yatim sebesar SR 2.000 (sekitar Rp 6 juta) setiap bulannya di samping bantuan keuangan bulanan dari Jaminan Sosial.

"Ketika anak yatim memasuki sekolah, ia mendapat tambahan tunjangan bulanan antara SR 2.000 dan SR 3.000," ujarnya.

Al-Afghani mengatakan beberapa dari anak yatim telah menyelesaikan pendidikan tinggi mereka dan bekerja sebagai dokter, guru dan perawat.

"Sejumlah dari mereka telah menikah dan membangun keluarga mereka sendiri," tuturnya.


Artikel Terkait:

2 komentar:

  1. Mohon penjelasan tentang lambang negara KSA yang menyerupai satu mata, yang dalam hal ini melambangkan simbol iluminati fremansori, banyak pihak yg sudah dari awal tidak simpati dgn KSA menjadikan keadaan ini sebagai senjata untuk mendiskriditkan negara KSA sebagai negara penyembah dajjal, naudzubillah!

    BalasHapus
  2. Na'am,..Insya Allah..Semoga kita diberi kemudahan.

    BalasHapus