Wednesday, May 29, 2013

Hidup di Saudi : kok ada bau kemenyan?

Oleh: Umm Mariam 

Dupa oud,pict arabnews.com

Tinggal di Saudi memang penuh warna warni, dari tradisi adat istiadat sampai kebiasaan. Salah satu kebiasaan yang membuat saya heran dan bertanya tanya adalah bau kemenyan yang kadang tercium saat saya main ke pusat perbelanjaan atau berkunjung ke rumah rekan yang asli Saudi,bau menyengat ini kadang cukup menganggu juga membuat saya bertanya tanya “ihhh ada bau kemenyan…apakah ada aroma magis ditempat yang saya kunjungi ini atau dunia lain barangkali? tapi kok rasanya tidak mungkin ya “

Jadi apakah aroma wangi  kemenyan yang saya cium tersebut? dan apa tujuannya? benarkah ada aroma magis dan “dunia lain disana? ternyata aroma yang cium adalah aroma  oud dan aroma ini adalah aroma yang normal dan biasa tercium di Saudi. Oud memiliki aroma yang unik dan khas,di Saudi jika oud ini dibakar pada alat berupa dupa maka akan terbentuk asap yang biasanya disebut Bakhoor. Saat saya mengunjungi teman wanita saya yang asli Saudi  bakhoor biasa dibuat untuk menghormati para tamu yang kebetulan berkunjung biasanya dupa berasap itu akan diedarkan dari satu tamu ke tamu yang lain sehingga aroma bakhoor tadi bisa tercium,karena aromanya yang kuat banyak juga para wanita Saudi yang menggunakan oud pada pakaian mereka atau ,mengusapkannya pada telapak tangan.pembakaran oud sampai menimbulkan asap bakhoor tidak ada kaitannya dengan aroma magis dan dunia yang lain di Saudi jadi hanya kebiasaan setempat saja. Oud biasanya dijual dalam bentuk kulit kayu karena berasal dari pohon agaarwood yang bisa ditemui di India,Yaman,Thailand sampai Indonesia tetapi ada juga yang dijual dalam bentuk minyak.

Di Saudi oud yang terkenal adalah Arabian oud dan wangi aromanyapun tidak hanya kemenyan saja tapi sudah ada aroma musk,buah buahan,sampai wangi bunga melati, oud juga ada yang dikemas dalam bentuk minyak dan semakin baik kualitasnya biasanya harganya semakin mahal, sekitar 100 sr sampai 6.000 sr.Biasanya menjelang lebaran dan saat seserahan lamaran oud ini banyak dicari untuk diberikan sebagai hadiah yang dianggap mewah di Saudi.

Dirumah kami di Saudi kami memiliki oud berbentuk minyak dengan aroma white musk dan pengharum ruangan dengan aroma bakhoor yang seperti aroma  kemenyan,biasanya saya semprotkan pengharum ruangan ini saat saya menerima tamu entah asli Saudi ataupn non Saudi untuk menghormati mereka,sedangkan oud dalam bentuk minyak sering suami saya bawa ke masjid untuk dioleskann pada jamaah yang kebetulan menginginkannya. Kami tidak pernah membakar oud dalam bentuk kayu karena selain tidak punya dupa-nya,asap bakhoor tadi bisa membangunkan detektor asap dirumah kami,dan jika detektor asap itu berbunyi duhhh repot tetangga bisa berdatangan….ada apa ???? dan ternyata tidak ada yang perlu dikawatirkan ohhh cuma false alarm…wah tidak lucu khan…

salam hangat selalu,
Umm mariam,KSA


Artikel Terkait:

No comments:

Post a Comment