Thursday, December 22, 2011

Saudi Akhiri Bantuan untuk Bosnia dengan Total Bantuan Capai 500 Miliar Dolar

 
Arab Saudi pada Rabu kemarin (21/12) mengumumkan berakhirnya satu dekade program bantuan untuk Bosnia, mengatakan mereka telah mencairkan lebih dari setengah miliar dolar secara total bantuan ke negara tersebut.
Riyadh meluncurkan program bantuan pada tahun pertama perang pada era 1992-1995 di negara Balkan dan mengatakan total bantuan sudah mencapai $ 560.000.000 (430 juta euro).
Bantuan itu digunakan terutama untuk memerangi kemiskinan dan kesehatan, infrastruktur dan budaya, kata Duta Besar EId bin Muhammad al-Thaqafi seperti dikutip oleh kantor berita negara Fena.
"Periode konflik telah berakhir. Sekarang ini adalah waktu rekonstruksi dan kemitraan ekonomi antara Kerajaan Arab Saudi dan Bosnia," kata duta besar tersebut.
Banyak masjid hancur selama perang yang dibangun kembali dengan bantuan Saudi.
Muslim membuat sekitar 40 persen dari 3,8 juta orang Bosnia, sedangkan sisanya sebagian besar Ortodoks atau Katolik Kristen.
Konflik antar-etnis antara muslim bosnia dan kristen Serbia dilaporkan menelan korban jiwa sebanyak 100.000 jiwa orang dan memaksa sekitar 2,2 juta orang, atau setengah penduduk, meninggalkan rumah mereka.(fq/afp)eramuslim


Artikel Terkait:

No comments:

Post a Comment