Sunday, March 11, 2012

Mempunyai Anak Cacat Bukanlah Aib Bagi Orang Tua di Saudi Arabia..!

133134608872167245Pernah melihat ada orang tua atau suatu keluarga yang malu karena mempunyai anak yg cacat fisiknya seperti autis,bisu tuli,bahkan cacat matanya alias Buta..?atau malah mungkin pincang atau bahkan keterbelakangan mental dll…?
Saya rasa hal itu banyak dijumpai di Indonesia,bahkan kadang ada orang tua yang sengaja menyembunyikan anak tersebut untuk tidak tampil didepan umum,karena dianggap membawa aib bagi keluarga..!
Lain halnya di Saudi Arabia..mempunyai anak cacat bagi suatu keluarga adalah coba-an dan amanah,jadi tak ada alasan untuk malu dan menganggap anak cacat itu sebagai kutukan atau aib bagi Kehormatan Keluarga tersebut..!
Saya pernah menjumpai ada keluarga arab sewaktu kerja di Sakaka-Aljouf(dekat Jordan..!)keluarga tersebut mempunyai anak remaja laki-laki yg maaf cacat sebelah mata-nya..yg ini dihasilkan dari pernikahan dengan istri pertamanya !dan kebetulan bapak dari anak tersebut mempunyai istri dua..!
Tapi apa yg terjadi sodara-sodara??apakah mereka malu dan mengistimewakan anak yg lebih rupawan dan mempunyai fisik yg lebih sempurna dari pernikahan istri kedua-nya??ternyata tidak semua anak dimata orang tua tersebut dipandang sama..mulai dari dapat uang saku dan baju serta hal-hal lainnya semua di perlakukan sama..!
Bahkan anak-anak dari istri ke duanya yg mempunyai wajah lebih rupawan/sempurna mereka dengan bangga mengaku bahwa itu adalah ‘Aho’(saudara) mereka..tapi lain Umi/mama katanya..!ini sewaktu saya tanya siapa dia(anak yg cacat tersebut).
Begitu pula dengan saudara-saudara dari anak yg cacat tersebut dan kebetulan mempunyai fisik yg lebih sempurna mereka sama saja tidak ada rasa minder atau malu..tetap saja mereka dengan bangga mengakui bahwa yg cacat itu adalah saudara kandungnya juga..!jadi tak ada rasa sungkan atau minder sekalipun mempunyai saudara yang tidak sempurna fisiknya..!
Pernah pula kejadian ada sopir Indonesia yang membawa anak majikannya yg sudah remaja tapi remaja tersebut ternyata cacat matanya alias buta sejak lahir..!
Sewaktu ngobrol-ngobrol..ternyata remaja tersebut..saudaranya juga ada yg mengalami cacat serupa atau buta kedua matanya..!dan sewaktu saya tanya dengan hati-hati apakah keluarga tersebut terbebani mempunyai anak-anak yang cacat matanya..?
Sungguh luar biasa jawaban dari sopir tersebut..!bahwa..:
“Bbuat apa malu mempunyai anak yg cacat..malah bapak ibunya bangga,selain itu amanah dari Allah bahwa mereka dipercaya di titipi untuk memelihara anak-anak tersebut’kebetulan setiap anak yg cacat di saudi arabia selalu mendapat tunjangan gaji dari pemerintah  mulai dari lahir hingga mereka bisa mandiri-dewasa..!setiap bulannya..!
Jadi setelah memasuki usia sekolah biasanya anak-anak ini di kirim ke sekolah khusus jika jauh maka anak tersebut akan mondok dan seminggu sekali di jemput kumpul dengan keluarga,jika dekat maka bisa setiap hari pulang ke rumah orang taunya..!
Dan kebetulan anak majikan sopir  tersebut sudah besar-besar dan remaja,serta menjadi guru bagi orang tuna netra lainnya..!dan waktu itu dia hendak melangsungkan pernikahannya..!sungguh mengharukan melihat orang Tunanetra bisa hidup layak dan menikah serta mampu menggaji seorang sopir untuk mengantar kemanapun pergi..!
Sering pula saya saksikan..ada sekelompok orang bisu dan tuli di saudi arabia adalah hal biasa..kalau cuma bisu dan tuli di saudi arabia mereka bisa beraktivitas layaknya orang normal..bisa mandiri membawa mobil..bisa main komputer dan bisa berkomunikasi via internet/mobile/HP dll.
Status orang Bisu-Tuli di Saudi arabia  tidak ada yg menganggap aneh atau sengaja meledek mereka seolah-olah makhluk langka yg layak dijadikan lelucon..itu semua tidak dijumpai disaudi arabia..mereka statusnya sama dengan orang normal kebanyakan..!jika datang ketempat umum untuk keperluan belanja dll.mereka sama saja ikut antri dan harus sabar..malah tidak diperlakukan istimewa..karena mereka sudah mandiri..layakanya orang normal..!biasanya orang-orang bisu dan tuli bekerja di instansi pemerintah..baik itu Hospital maupun kantor lainnya yg memerlukan ketekunan kerja mereka..seperti programer atau staff administrasi lainnya..!
Kalau orang bisu dan tuli malah bisa berkeluarga secara normal dan mempunyai istri dan anak yg sehat-sehat..!
Banyak pula orang yg cacat kakinya dan terpaksa harus memakai kursi roda elektrik yg tanpa perlu di bantu orang lain..mereka semua tetap mendapatkan subsidi dari pemerintah saudi arabia..!
Yang pasti saudi arabia negeri yg gersang ini ternyata ramah bagi para penyandang cacat permanen..mereka semua bersyukur karena lahir di bumi yg diberkahi Allah ini dan pemimpinnya mengerti akan hak-hak bagi orang-orang yg lahir tidak dalam kondisi normal..!
Karena mereka sadar sesungguhnya anak-anak cacat itu adalah amanah Allah dan ujian bagi yg hidup sempurna atau tidak cacat fisiknya..!apakah mereka menghardiknya atau malah menyayanginya dan menyantuni serta membimbingnya hingga mereka mampu secara mandiri menjadi orang dewasa yg berkecukupan dan mempunyai penghasilan yg memadai..!
Dalam hal ini Pemerintah Saudi Arabia sudah melakukan tugasnya dengan baik dengan memelihara,membimbing dan menyantuni mereka hingga dewasa..!
Bagaimana dengan Indonesia??semoga kedepan ada perhatian dari pemerintah dan keluarga mereka itu sendiri..bahwa anak-anak cacat adalah titipan yg luar biasa bagi suatu keluarga tersebut..sangat salut bagi keluarga di indonesia yg tetap menyayangi anak-anak yg kebetulan lahir tidak sempurna,walau mungkin perhatian pemerintah Indonesia tidaklah sebesar pemerintah Saudi Arabia..!
Pada hakekatnya Doa dari kaum ini sangat di dengar oleh Allah saya rasa..jadi tak heran negri yg mampu memelihara dan memperlakukan orang-orang cacat  sebagaimana mestinya dengan baik,Insya Allah akan diberkahi dan di Ridhoi oleh Allah..Amin..!

Salam hangat dari Jeddah-KSA..!
#Pic from google#
http://www.kompasiana.com/henina


Artikel Terkait:

No comments:

Post a Comment