فتاوى ورسائل محمد بن إبراهيم آل الشيخ – (1 / 61)
وقال
-بعد أَن ذكر إمكان نشر الدعوة إلى الله ولو بطريقة التنقل والسياحة وبيان
حقيقة ما دعا إليه الشيخ محمد رحمه الله: وأَنا أَقص الآن قصة عبدالرحمن
البكري من اَهل نجد- كان أَولا من طلاب العلم على العم الشيخ عبدالله(1)
وغيره، ثم بدا له أَن يفتح مدرسة في عمان يعلم فيها التوحيد من كسبه الخاص
فإذا فرغ ما في يده أخذ بضاعة(2) من أَحد وسافر إلى الهند وربما أخذ نصف
سنة في الهند.
Syaikh Muhammad bin Ibrahim mengatakan, “Sekarang saya akan
bercerita tentang Abdurrahman al Bakri. Beliau itu orang Najd dan
penuntut ilmu yang belajar kepada pamanku, Syaikh Abdullah bin
Abdullathif alu Syaikh dan ulama selainnya. Kemudia beliau membuka
pesantren sendiri di Oman. Di sana beliau mengajarkan tauhid dengan
pembiayaan yang beliau tanggung dari usaha beliau sendiri. Jika harta
beliau habis maka beliau ngambil barang dagangan dari seseorang lantas
pergi ke India untuk menjualnya. Terkadang beliau di India sampai
setengah tahun lamanya.
قال
الشيخ البكري: كنت بجوار مسجد في الهند وكان فيه مدرس إذا فرغ من تدريسه
لعنوا ابن عبدالوهاب، وإذا خرج من المسجد مر بي وقال: أَنا أُجيد العربية
لكن أحب أَن أَسمعها من أَهلها، ويشرب من عندي ماءً باردًا. فأَهمني ما
يفعل في درسه،
Syaikh al Bakri menuturkan, ‘Di India aku tinggal di
samping sebuah masjid. Di masjid tersebut terdapat seorang dai yang
setiap kali selesai pengajian melaknat Muhammad bin Abdul Wahab. Jika
dia keluar dari masjid dan melewatiku, dia mengatakan kepadaku,
“Sebenarnya aku sudah pandai berbahasa Arab namun ingin langsung
mendengarkannya dari orang Arab asli sehingga orang orang yang belajar
kepadaku menjumpai ilmu yang kumiliki bagaikan air yang dingin”. Aku
kepikiran dengan apa yang dia lakukan di setiap akhir pengajiannya.
قال:
فاحتلت بأَن دعوته وأَخذت ((كتاب التوحيد)) (3) ونزعت ديباجته ووضعته على
رف في منزلي قبل مجيئه، فلما حضر قلت: أَتأْذن لي أَن آتي ببطيخة. فذهبت،
فلما رجعت إذا هو يقرأُ ويهز رأْسه فقال: لمن هذا الكتاب؟ هذه التراجم(4)
شبه تراجم البخاري هذا والله نفس البخاري؟!
Aku lantas membuat tipu daya. Kuundang dia ke rumahku.
Kuambil Kitab Tauhid karya Muhammad bin Abdul Wahab lantas sampulnya
kubuang. Setelah itu buku tersebut kuletakkan di rak yang ada di rumahku
sebelum kedatangannya. Setelah dia masuk ke dalam rumah, kukatakan
kepadanya, “Izinkan aku untuk keluar rumah sebentar mencari semangka”.
Setelah meminta izin aku baru pergi mencari buah semangka untuk suguhan
tamu. Setelah aku kembali ke rumah kujumpai dia membaca buku Kitab
Tauhid sambil menggeleng gelengkan kepalanya. Setelah aku masuk rumah
dia bertanya, “Buku karya siapa ini? Judul judul bab di buku ini serupa
dengan judul bab yang ada di Shahih Bukhari. Buku ini demi Allah sama
persis dengan Shahih Bukhari”.
فقلت
لا أدري، ثم قلت أَلا نذهب للشيخ الغزوي لنسأَله –وكان صاحب مكتبة وله رد
على جامع البيان- فدخلنا عليه فقلت للغزوي كان عندي أَوراق سأَلني الشيخ من
هي له؟ فلم أَعرف، ففهم الغزوي المراد، فنادى من يأْتي بكتاب ((مجموعة
التوحيد)) فأُتي بها فقابل بينهما فقال هذا لمحمد بن عبدالوهاب.
Jawabanku, “Aku tidak tahu. Bagaimana kalau kita pergi
menemui Syaikh al Ghazawi untuk bertanya kepadanya-karena beliau adalah
seorang pemilik toko buku-”. Setelah kami bertemu dengan Syaikh al
Ghazawi aku berkata kepadanya, “Aku punya beberapa lembaran kertas.
Syaikh ini bertanya kepadaku siapakah penulis buku tersebut. Aku tidak
mengetahuinya”. Al Ghazawi faham apa yang kumaksudkan. Dia lantas
memanggil pelayan toko buku untuk membawakan kitab Majmuatut Tauhid.
Setelah buku yang dimaksudkan sudah dibawakan beliau membandingkan
diantara keduanya. Lantas al Ghazawi mengatakan, “Buku ini karya
Muhammad bin Abdul Wahab”.
فقال
العالم الهندي مغضبًا وبصوت عال: الكافر. فسكتنا وسكت قليلاً. ثم هدأَ
غضبه فاسترجع. ثم قال: إن كان هذا الكتاب له فقد ظلمناه. ثم إنه صار كل يوم
يدعو له ويدعوا معه تلاميذه وتفرق تلاميذ له في الهند وإذا فرغوا من
القراءة دعوا جميعًا للشيخ ابن عبدالوهاب. اهـ.………(تقرير) (5)
Sang ulama India tadi dengan marah dan bersuara keras
berkomentar, “Yang kafir itu?”. Kami hanya diam dan dia pun dian sesaat.
Setelah amarahnya mereda dia mengucapkan innalillahi wa inna ilaihi
rajiun. Kemudian beliau mengatakan, “Jika buku ini adalah karyanya maka
sungguh kami telah menzaliminya”. Setelah itu setiap hari beliau
mendoakan kebaikan untuk Muhammad bin Abdul Wahab bersama murid
muridnya. Murid muridnya pun tersebar ke seluruh India. Mereka semua
setiap kali selesai memberi pengajian juga selalu mendoakan kebaikan
untuk Muhammad bin Abdul Wahab” [Majmu Fatawa wa Rasail Syaikh Muhammad
bin Ibrahim 1/61, Syamilah].
No comments:
Post a Comment