Saturday, February 4, 2012

Keluarga Arab Ini Begitu Sayang Terhadap Anak Pembantunya..!

13282967351730501802Beberapa bulan yang lalu saya main ke rumah teman sesama tki,kebetulan dia tinggal dekat dengan  tempat tinggal saya…dia pasangan suami istri dan berprofesi sebagai sopir,sedang istrinya biasa sebagai prt..!

Sebetulnya sudah sering ngobrol-ngobrol kalau jumpa di masjid atau kebetulan dia sedang mencuci mobil..didepan rumahnya..sering sih dia selama ini menawarkan agar saya main ke rumah-nya/tempat tinggalnya cuma saya  sering menolak,tidak enak hati takut mengganggu.!

Tapi suatu ketika beberapa bulan lalu saya tak dapat menolak ajakan-nya agar saya berkunjung ke rumah dia/tempat tinggalnya,alasannya sangat kuat,dia baru saja di karunia seorang baby yg cantik…jadi sekalain saja melihat bayi mungilnya dan mengucapkan selamat..atas kehadiran sang buah hati..!yang lahir dengan selamat di sebuah RS.Bersalin di jeddah,kebetulan pasangan suami istri ini pekerja legal dan dari cilacap-jawa tengah..!

Nah tadi jumpa lagi dan ngobrol-ngobrol dengan dia,biasa masalah politik dan tentang dunia pertekai-an serta masalah yg terkini di Indonesia,selanjutnya ngobrol pula tentang sang baby..yang katanya sangat di sayang sama,majikannya…!

Majikan Mas Thahrir(nama tki ini),ternyata sangat care/perhatian terhadap anak  mas Thahrir ini..!saat saya tanya jam 10 pagi sang baby sedang apa,dia cakap di lantai atas di asuh sama Madam,sementara sang Istri biasa sambil kerja di rumah yg sama,jadi sang baby tidak jauh dari sang istri,sementara istri kerja di dapur dan masak,cuci dll.sang baby di gendong dan di asuh oleh sang madam arab…bhakan saat sang baby pilek langsung di obati oleh sang madam sungguh baik sekali nih madam arab..!

Madam satu ini,selain menggaji pasangan suami istri ini,tapi juga mau menjadi baby sister bagi anak pasangan TKi..ini..sungguh sangat menkjubkan melihat keharmonisan kerja sama antara tki dan majikan di arab ini..!jam kerja istri-nya juga flexsibel,pagi jam 10am-2pm,kerja..setelah itu istirahat sampai jam 5pm,kemudian kerja lagi sampai jam 10pm..nah saat kerja sang baby juga dibawa masuk ke rumah utama/majikan..!

Mas Thahrir sendiri termasuk sopir yg rajin,selain menjadi sopir dia juga..merangkap jadi haris/tukang bersih halaman dan penjaga rumah..jadi gaji double,selain itu dia juga kreatif,sering bikin telor asin yg di pasarkan di bhagalah/toko indonesia..!juga mencuci mobil milik beberapa keluarga yg kebetulan satu house di rumah tersebut,setiap bulan 1mobil di bandrol 100sr/untuk jasa mencuci mobil/mengelap saja..pagi dan sore,nah kadang dia pegang cuci mobil sampai 5-mobil jadi lumayan ada obyekan setiap bulan 500 sr,dari hasil mencuci mobil..penghasilan tambahan yg lumayan,selain bisnis telor,gaji sopir dan merangkap penjaga rumah,istri juga bekerja dirumah yg sama..total tiap bulan..pasti lumayan pendapatannya..!

Yah bisa jadi lebih dari 3000 Sr(1 sr/2300 rupiah) untuk pasangan suami istri ini..!suatu pendapatan yg termasuk besar…untuk ukuran sopir dan prt..!

Ini kisah pekerja resmi,jadi gaji ya ikut standard yg berlaku di saudi arabia..!
Ada juga dulu pasangan suami istri,yg ilegal..suami-dari purwokerto dan istri dari madura tapi kelahiran /kalimantan barat..istri masuk ke saudi arabia dengan visa umroh,sementara sang suami biasa.. sebagai tki sopir..!

Nah pasangan ini juga beruntung punya majikan yg baik bahkan sampai punya anak yg berumur 4tahun,anak tersebut di asuh dan tinggal di rumah yg sama…malah karena tinggal di rumah yg sama,jadi sudah seperti di anggap keluarga sendiri jika sakit ya diobati dll.ngomong juga cas-cis cus..pakai bahasa arab,bhs indonesia malah tidak fasih..karena gaul dengan anak-anak majikan sepanjang hari..!

Tapi tidak tahu kelanjutan pasangan ini,karena status mereka yang ilegal,dengar kabar suaminya sudah pulang ke tanah air,sedang nasib istri dan anaknya saya kurang tahu pasti..mungkin sudah pulang juga ke tanah air..!

Intinya banyak sekali keluarga arab yg tetap sayang dan hormat,terhadap anak-anak,walau itu anak sekelas prt dan sopir,mereka diperlakukan sama seperti layaknya keluarga sendiri..dalam hal perawatan dan perhatian..!

Jadi siapa bilang orang arab itu jahat?banyak lagi kisah lainnya yg beruntung dan tidak terungkap di media…!jadi benar selama ini bahwa media indonesia hanya tahuanya bad news saja..sementara hal-hal yg baik,jarang sekali diungkap ke permukaan..!

Ini contoh kisah kecil saja dari nasib tki yg tergolong biasa saja,bukan dianggap baik atau luar biasa..!karena hal-hal seperti ini di saudi adalah hal yg lumrah..yg pastinya orang saudi maunya tki bersikap jujur…!1328296890415472973
Malah ada lagi pasangan suami istri dari madura yg anak-nya lahir dan besar disini, dan sekarang sudah sekolah di jeddah yg cewek sudah remaja 14tahun dan sudah pandai cas-cis cus ngomong bahasa inggris,karena sekolah di sekolah international,jadi teman-temanya kebanyakann orang india,terus anak-anaknya yg lahir di Indonesia dan sudah besar-besar juga dikasih visa untuk kerja di rumah sodaranya,jadi mereka dikasih fasilitas tempat tinggal di lantai bawah tanah yg terdiri dari beberapa kamar,istrinya malah kerja rangkap,selain di rumah majikan juga istrinya bisa kerja di rumah jirannya..makhlum ongkos sekolah anaknya termasuk transpot lumayan mahal sampai 450 sr/bulan untuk sekolah setingkat smp..!

Kalau pasangan kel.madura ini..sudah hampir 17tahun kerja di keluarga tersebut..!intinya banyak sekali kisah orang indonesia yg beruntung,selama menjadi tki di saudi arabia.!dan itu  adalah hal yg lumrah atau umum..bukan cerita yg luar biasa…!banyak sekali jika di rinci satu persatu..para tki yg beruntung kerja di saudi arabia..yg pasti masalah financial seperti beli rumah dan tanah,serta kendaraan adalah hal biasa bagi pasangan tki yg sudah bekerja puluhan tahun di saudi arabia..sesuatu yg tidak di dapat jika mereka tidak hijrah dari Indonesia..!atau mereka bertahan hidup diindonesia..!

Bahkan sang majikan juga tak segan silu untuk mengontrol,kamar sang sopir,berhubung anak-nya sudah gadis 14tahun,oleh sang majikan dikasih lagi jatah kamar khusus untuk kamar para perempaun..yang tinggal di situ..!

Masalah fasilitas tempat tinggal-nya di saudi..?wah komplit-plit mulai dari laptop,AC,kulkas,tv/dan peralatan elektronik lainnya,akuarium dll.semua penuh di kamar..layakanya orang ngontrak dijakarta saja kamar mereka ini..!tapi kalo yg ini seperti laptop ya beli sendiri,kalau ac dan kulkas kadang dikasih sama majikan..!
Tak heran mereka bersyukur dan betah dengan ke adaan ini..!apakah kebahagian para tki ini harus dirampas dengan adanya moratorium yg suatu saat efeknya tidak kita ketahui?semoga pemerintah Indonesia dan saudi arabia selalu bekerja sama saling menguntungkan dan moratorium secepatnya diselesaikan dengan baik..!

Salam te ka i..!
http://www.kompasiana.com/henina


Artikel Terkait:

2 comments:

  1. subhanallah... sungguh beruntung keluarga in. aku jadi pengin dengan keluarga ke arab
    ada ndak ya yg bisa bantu...saya?

    ReplyDelete
  2. ni alamatku kartasura. 085867941714. sukron

    ReplyDelete