Selasa, 11 September 2012

Gerbang Pembatas Tanah Haram Diselesaikan

Batas_Tanah_HaramJEDDAH – Pemerintah Kerajaan Arab Saudi tengah menyelesaikan gerbang penanda batas Tanah Haram di atas jalan bebas hambatan antara Jeddah dan Makkah, kata Supervisor proyek pembangunan gerbang batas haram, Muhammad Eid di Jeddah, sebagaimana dikutip staf KJRI Jeddah, Abdullah Umar, Senin.

“Gerbang penanda batas Tanah Haram setinggi 23 meter saat ini sedang dibangun di jalan bebas hambatan Jeddah-Makkah. Dengan demikian, nantinya pengunjung akan mengetahui area batas Tanah Haram Makkah dari kejauhan,” kata Umar.

Dewasa ini jika para tamu Allah yang melakukan umrah melewati ‘check poin’ Syumaisi -dari arah Jeddah- beberapa meter setelah itu terlihat kesibukan para pekerja bangunan sedang mengerjakan gerbang batas Tanah Haram, tepat di pembatas Haram yang selama ini sudah ada.

Muhammad Eid, supervisor proyek pembangunan gerbang batas Haram, pembangunan yang tengah berlangsung itu mengikuti desain yang sudah ditetapkan dan diperkirakan pada pertengahan Oktober akan rampung.

Ia menambahkan, rencananya akan dibangun dua gerbang yang bergandengan yaitu gerbang saat masuk dan gerbang saat keluar Makkah dengan lebar masing-masing 35 meter, ada tulisan Alquran di atasnya.

Sebanyak 40 pekerja dikerahkan untuk mengerjakan proyek itu dan nantinya gerbang akan dihiasi dengan lampu warna hijau untuk memberikan tanda pada malam hari.

Saat ini batas Haram hanya ditandai dengan ‘billboard’ dan tanda bangunan kecil di samping jalan bebas hambatan sekitar 1 km dari ‘check poin’ Syumaisi. Banyak dari para jamaah selama ini mengira bahwa batas tanah Haram Mekkah adalah bangunan Quran besar yang ada di jalan bebas hambatan setelah check poin Syumaisi.
Taryono Asa/tbt — HARIAN TERBIT
Editor — Maghfur Ghazali


Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar