Senin, 03 September 2012

Jaguar Land Rover akan Bangun Pabrik di Saudi

Pembangunan pabrik peleburan aluminium terbesar dunia di Arab Saudi membuat pabrikan mobil Jaguar Land Rover berminat untuk mendirikan pabrik asemblinya di kerajaan tersebut. 

Keputusan itu berkaitan dengan fokus Jaguar Land Rover (JLR) untuk meningkatkan penggunaan aluminium dalam pembuatan mobil-mobilnya, kata induk perusahaan itu Tata Motors.

Dilansir Arabian Business (1/9/2012), dalam wawancaranya dengan Autocar India, pimpinan Tata Motors Ratan Tata mengatakan, “Pabrik peleburan ini akan membuat produksi aluminium di Arab Saudi sangat kompetitif.”


“Jadi berdasarkan pemikiran jangka panjang, jika kami menempatkan pabrik asembli berkapasitas besar di sana, terkait dengan komitmen penggunaan aluminium dalam produk-produk kami, maka kami bisa memiliki bisnis yang cerah seperti yang sedang dikaji sekarang.”


Pabrik peleburan aluminium, yang merupakan hasil kerjasama antara Saudi Arabian Mining dengan Alcoa itu, direncanakan mulai beroperasi pada tahun 2013 dan diharapkan menjadi produsen aluminium paling murah dan efisien di dunia, kata Autocar India.


Menurut majalah asal India tersebut, generasi terbaru Range Rover yang menggunakan banyak komponen aluminium akan dipamerkan pada Paris Motor Show bulan ini.


Produsen mobil itu mengatakan, keuntungan langsung penggunaan aluminium dapat dilihat pada penghematan bahan bakar, emisi, performa serta kelincahan kendaraan generasi baru buatannya.


Arab Saudi, yang merupakan bagian dari wilayah pemasaran Timur Tengah dan Afrika Utara (MENA) mobil-mobil JLR, memberikan kontribusi sebanyak 1.289 unit penjualan tahun 2011-2012.


Di kawasan MENA Land Rover adalah penguasa pasar keenam terbesar dan lima terbesar untuk pasar global Jaguar.


Dalam tahun fiskal yang sedang berjalan, penjualan komulatif JLR naik 36 persen menjadi 110.373 unit, kata Autocar India.


Menurut otoritas pengembangan industri otomotif Saudi tahun lalu, Kerajaan Saudi memiliki rencana untuk memproduksi suku cadang mobil pada tahun 2013, serta akan membuat dua model mobil dan merakit mobil dalam 10 tahun mendatang.*Hidayatullah.com


Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar