Selasa, 18 September 2012

Roti Thamis..Makanan Kegemaran Orang Arab, yang Beli Bermobil Antri!

13469533731440036173
clasicooo.com/Khubuz thamis murah meriah hanya 1sr

Jika sudah pernah menjadi TKI ke Saudi Arabia belum kenal makanan ini kebangetan banget,terutama buat TKI-Laki-laki..kalau tkw bisa jadi karena memang dibatasi keluar rumah.

Roti Thamis ini..harganya sangat murah,hanya cukup 1 riyal kita sudah dapat makanan yg di masak dengan cara di panggang disebuah tempat mirip dapur-Tungku Tradisional(pawon bhs jawa-nya),jadi memang tidak ada unsur minyak goreng..!

Selain itu Size-nya juga cukup besar,bisa mencapai 30-35cm,jadi cukup lebar..untuk jenis selera,ada varian rasa asli thamis  harga 1sr,ada juga varian yg rasa keju seharga 5sr,tapi yg rasa keju kadang malah tidak asik,karena pembakarannya terkadang kurang matang,jadi jika dingin sedikit saja..rasanya sudah asam..!

Yup.. Roti Thamis ini nikmatnya dimakan jika masih hangat,dan dimakan ramai-ramai..lauknya cukup dengan semacam sop/kuah kacang-kacangan kental/atau nama arab-nya fuul,harga fuul juga cukup murah ada 3 jenis fuul(ini yg dijual didekat tempat kerja saya),ada yg rasa-nya adem yg ini kata penjualnya khusus untuk orang Saudi Arabia yg katanya tidak suka rasa asin dan pedas-gurih,sementara 2 jenis fuul lainnya rasanya cukup nendang ada yg asin dan lezat.

Saya sendiri baru bisa menyukai makanan ini baru-baru ini saja,dan tadi saya beli hanya dengan 3sr..sudah dapat 1Roti Thamis besar plus 2 mangkok plastik fuul yg rasanya sengaja saya minta tambah cabe/pedas..!

Hasilnya cukup lumayan,sudah lebih kenyang dari pada makan di Restaurant Indoensia yg bisa menghabiskan 12 sr (1sr=2500 rupiah)atau Broasted ayam goreng yg harganya sama juga 12sr/untuk 4potong ayam plus 2roti tawar.Jadi cukup menghemat kantong kita.

Mengenai pembeli Roti Thamis mayoritas orang Saudi Arabia itu sendiri dan pendatang dari Yaman,Pakistan ,Afghanistan atau  Mesir..!Orang Indonesia atau Philipine jarang mengkonsumsi ini,selain hanya selingan saja.

Pembelinya antri sampai berderet-deret mobil susah hendak parkir,biasanya Roti Thamis ini di konsumsi pagi hari dan sore hingga malam hari.jarang ada yg mengkonsumsi untuk makan siang..!(ini setahu saya).

Yang memasak dan jualan makanan ini juga kebanyakan orang Yaman or Afghanistan..!
1346953557256400182
t-aljnob.com/Kuah kacang-kacangan atau Fuol

Mengapa makanan ini begitu digemari oleh orang Arab?saya rasa karena selain harganya murah,juga kandungan gizi-nya cukup tinggi terutama dari kacang-kacangan yg di jadikan sop-kuah-Fuul ini..!

Dan satu lagi praktis tidak perlu repot-repot masak,setelah selesai makan juga tidak perlu bersih-bersih piring/mangkok kotor dll.karena mangkok plastik disedikan oleh si penjual jadi tinggal buang saja..!

Cara mengkonsumsi makanan ini cukup Roti Thamis di Robek kemudian cocol dengan kuah kental yg terbuat dari kacang-kacangan ini(fuul),jadi sangat praktis.

Yg heran kok tidak rugi ya,harganya murah begini 1riyal ..2riyal..tapi karena yg mengkonsumsi sangat banyak jadi walau untung tipis tapi tetap bisa bertahan dan mampu membayar sewa tempat di pinggir jalan strategis..pekerjanya sendiri hanya 3orang saja,satu orang yg bikin ulenan tepung gandum,satu lagi yg tugasya membakar roti thamis,dan satu lagi yg menjadi kasir merangkap melayani jual kuah/sup fuul-kacang-kacangan ini.

Tak ada salahnya jika pergi haji atau umroh makan makanan ini terutama untuk sarapan pagi,cukup sehat dan berenergi jika makan ini..!Selain itu murah meriah harganya..!

Selamat mencoba dan Wassallamah..!
http://www.kompasiana.com/deltapro


Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar