Saturday, May 5, 2012

Di Saudi Arabia, Gedung Bank dan Anjungan ATM Tidak Dijaga Security!

1335945808652240591
Bangunan atau gedung Bank dan anjungan ATM di  Saudi Arabia khusunya di Jeddah tidak di jaga oleh security atau satpam sekalipun..!
Jangan mencak-mencak dulu atau teriak hoaks..!ini benar dari hasil pengamatan saya di jeddah-di daerah tempat tinggal saya,terutama di malam hari setelah tidak beroperasi lagi atau jam kerja selesai maka Bank-Bank tersebut ya selesai sudah tugas para security.tidak ada satpam yang menjaganya..!
Berbeda dengan di Indonesia,dimana keberadaan Bank adalah sangat vital,jadi 24jam dijaga oleh security,di saudi arabia cukup selama beroperasi atau jam kerja saja ada security,setelah selesai jam kerja/aktivitas Bank,maka  para security ya pulang ke rumah masing-masing dan tidak menjaga gedung Bank tersebut sampai malam hari apalagi sampai 24jam..!
Apalagi hanya sekelas anjungan ATM,tidak ada deh yg nggendong dan membopong Anjungan mesin ATM untuk kemudian di bobol oleh kelompok begundal seperti sering terjadi /diberitakan di Indonesia..!Kalau ATM 24jam tidak ada yang mengawasi/security dimana-mana, aman saja,mungkin maling-maling-nya gak canggih kayak di Indonesia kali,makanya di cuekin saja tuh mesin ATM..!
Tapi keberadaan tempat ATM,juga lihat lokasinya,biasanya tidak jauh dari tempat Gedung BANK tersebut berada,maupun di Pom bensin,supermarket,Hospital dll.aman-aman saja kok..tidak ada yg mengacaukan Mesin ATM baik,mengakali agar tersumbat Card ATM dll.layaknya di Indonesia kemudian meninggalkan no info palsu,tidak dijumpai di saudi hal yang seperti ini..!

13359450461771000580
panoramio.com
Lalu siapakah yang mengamankan Gedung  atau Bangunan Bank-bank tersebut,di malam hari setelah jam kerja selesai?
Yang mengamankan ya Police Saudi Arabia,dimana saat jam 12 malam ke atas mereka akan patroli,ke seluruh penjuru Kota/wilayah..tugas Police inilah yang mengamankan semua yg ada di Kota atau wilayah tersebut.bukan hanya tempat bisnis saja tapi juga pemukiman penduduk,menjadi tanggung jawab ke amanan Police di Saudi Arabia..!
Termasuk toko-toko Emas atau perhiasan atau Mall-Mall sekalipun atau pusat bisnis sekalipun,itu tugas Police untuk mengamankan jika sudah tutup berniaga/transaksi..!
Jadi fungsi security,hanya mengamankan selama jam kerja saja..!
Malah yang unik,untuk  Apotik yang buka 24jam,malam-nya baru ada  security yang manjaga..jika tutup,maka selesai juga tugas security.
Selanjutnya,semua tugas keamanan wilayah suatu daerah atau kota diserahkan kepada Police setempat..!Police inilah yang memayungi keamanan 24jam di seluruh wilayah kota-kota  Saudi Arabia..!
Terutama setelah jam 12 malam maka patroli police frekwensinya di tingkatkan..dan hasilnya Allhamdullilah aman-aman saja,tak perlu ada ronda ala di kampung2 kita di Indonesia atau satpam sama sekali tidak di jumpai..!

Salam hangat dari Jeddah..!
kompasiana.com/henina


Artikel Terkait:

No comments:

Post a Comment