Thursday, May 10, 2012

Di Saudi Arabia Tidak Sembarangan Orang Menjadi Imam Masjid..!



1336586802779774327
Masjdil Haram-Mekkah
Jika anda berkunjung ke Saudi Arabia dan sempat Sholat di Masjid manapun pasti menjumpai adanya Imam Masjid..!
Imam Masjid di Saudi Arabia memang special,mereka bukan orang sembarangan yang bisa memimpin sholat begitu saja,tapi umumnya orang yg memang betul-betul dipilih oleh pemerintah atau mufti setempat..!Sebelum di tunjuk menjadi Imam Masjid..sepertinya di tentukan dulu kriterianya.!
Misal Hafal Al Quran,berasal dari keluarga baik-baik,mempunyai kedalaman ilmu agama dan mempunyai kedudukan  terhormat dalam pandangan masyarakat setempat dll.
Satu lagi pastinya kelakuannya orang-orang yg bijaksana dan alim..! Imam Masjid di Saudi Arabia selain mendapat gaji(ini yg saya dengar),posisi Imam Masjid juga tidak sembarangan orang menggantikan jikapun mereka berhalangan Hadir untuk memimpin sholat berjamaah,pastinya yang menggantikan adalah orang yg sudah dipercaya oleh Imam Masjid itu sendiri..!per u diketahui sholat berjamaah di Saudi Arabia sudah mendekati semacam kewajiban,jadi dimanapun masjid itu berada di jamin selalu ada saja jamaahnya..!
Jika Imam Masjid tersebut berhalangan memimpin sholat,maka di tunjuk orang yg dipercaya oleh Imam Masjid tersebut  bisa jadi Muazim-nya atau orang-orang yg dianggap cukup ilmu agamanya..!
Jadi jangan di anggap mentang-mentang Imam Masjid tidak datang ke Masjid untuk memimpin sholat berjamaah lalu jemaah atau orang lain yang tidak di kenal di lingkungan tempat tersebut ujug-ujug maju ke depan mimbar untuk,menobatkan diri sebagai Imam Sholat..yang ini jarang di jumpai..!
Sepertinya ada aturan yang tak tertulis,bahwa orang-orang Saudi Arabia,tidak mau sholatnya di pimpin oleh orang yang tidak dikenal asal-usulnya  misal:
-Tidak dikenal kedalaman budi bahasanya
-Tidak dikenal tabiatnya dan pekerjaanya
-Tidak dikenal Ilmu agamanya.
-Tidak dikenal Statusnya dalam Masyarakat dll.
-Bisa juga Masab-nya..!
Jadi memang ada semacam,Imam sholat  mereka adalah orang yg benar-benar sudah teruji dan terpantau ke sholehan-nya..!

13365872361518672895
Mosque Khaif-Mina
Ini bukan hanya di satu dua masjid saja tapi sepertinya di seluruh Masjid di Saudi Arabia,jadi Masjid-Masjid tersebut harus ada Imam bagi jemaah sholat dari Orang yg benar-benar bisa dipercaya ilmu agamnya dan tingkat  ke sholehan-nya..!
Kecuali mungkin untuk kasus-kasus darurat,misal sholat di pinggir jalan raya atau di depan komplek pertokoan,padang pasir atau dalam sebuah perjalanan sedang safir-perjalanan jauh..maka biasanya saling tunjuk siapa yang layak menjadi Imam sholat..! tapi kalau di saudi arabia,tetap orang saudi arabia yang lebih tua bisanya diberi kesempatan untuk memimpin sholat,misal dilihat janggut-nya yg lebat dll .ini untuk kasus darurat saja ya,,?
Tapi pada intinya orang Saudi Arabia lebih nyaman,di pimpin oleh Imam Masjid yg sudah di tunjuk oleh pemerintah Saudi Arabia atau Mufti setempat..! karena Imam Masjid yg sudah di tunjuk bisanya memang sudah diketahui benar-benar akhlaknya dan kedalaman ilmu agamanya..!
Apalagi untuk sekelas Imam Masjid di Masjidil Haram-Mekkah atau Masjid Nabawi_Madinah.sudah pasti melalui seleksi yang sangat ketat,baik ditinjau dari segi ilmu Agamanya,Pendidikkan-nya, maupun kualitas suara dan asal-usulnya..!
Berbeda dengan di Indonesia,kadang di masjid-masjid yang tidak terlalu besar,masih di jumpai ada pendatang yang tidak jelas asal-usulnya di suruh memimpin sholat bagi warga setempat,padahal kan bisa jadi orang tersebut adalah Ahli maksiat,penjudi,pemabok,koruptor,orang munafik dll.
Tidak lucu kan sholat kita di pimpin oleh orang yg tidak diketahui asal usulnya oleh penduduk setempat..!
Tulisan ini bermaksud agar pengurus Masjid di Indonesia,dimanapun berada jangan terlalu mudah menyerahkan Imam sholat pada orang yang tidak dikenal sama sekali,jika berhalangan hadir Imam Masjid setempat sebaiknya menujuk wakilnya yakni orang yg sudah diketahui ahlak dan budi pekertinya sebagai orang yang sholeh dan mengerti agama..!

13365866401253659958
mosque in jubail-ksa
Contohlah Saudi Arabia,sholat mereka benar-benar di perhatikan..tidak sembarangan orang boleh  menjadi Imam Sholat di suatu Masjid..harus benar-benar petugas atau Imam masjid yang sudah di tunjuk oleh Mufti/Pemerintah setempat.
Ini untuk menjaga jamaah suatu negri sholatnya di pimpin oleh orang yang benar-benar Sholeh,jika Jamaah suatu Negri sholatnya baik Insya Allah..kebaikan juga akan di limpahkan pada Negri tersebut..!
Apa jadinya jika sampai Sholat Kita dipimpin oleh orang Munafik atau orang yg tidak jelas asal-usulnya,sudah pasti doa-doa kita dikuatirkan tidak tembus ke Arsy-Nya..!
Itulah Saudi Arabia..Negri yang sangat memperhatikan masalah Sholat bagi warganya,jadi tidak di pandang enteng saja masalah sholat,termasuk dalam memilih Imam Masjdi yang juga merangkap bertugas sebagai  Iman Sholat di Masjid tersebut..!
Perlu diketahui saat waktu sholat tiba seluruh toko-toko dan supermarket,Mall,Restauran dan pusat Bisnis di tutup sementara,untuk memberi kesempatan pada pegawai dan pengunjung menunaiakn ibadah sholat fardhu,kecuali Hospital dan hal-hal yang darurat masih bisa di beri Toleransi..!
Salam sejahtera selalu buat semua..!

Wasallamah-Jeddah-KSA..!
kompasiana.com/henina



Artikel Terkait:

No comments:

Post a Comment