Monday, May 21, 2012

Susahnya Mencari Kotak Amal di Masjid Saudi Arabia..!


13375654131280869482
Masjid Biru Makkah

Sudah bertahun-tahun bermukim dan tinggal di Saudi Arabia,tapi ada pemandangan yg sama jika berkunjung ke Masjid-Masjid untuk menunaikan sholat berjamaah yaitu sulitnya mencari kotak amal,untuk jemaah yang hendak memberikan sekedar sodakah jariah..!
Tak heran karena hal ini,banyak jemaah masjid yang jika hendak beramal atau memberikan sekedar sodakah jariah,cukup diberikan pada para pengemis yang kebanyakan orang Takroni/wanita berkulit hitam dari afrika atau orang-orang yg cacat yg sama juga pendatang dari pakistan dll.
Kadang dalam hati kita kan ada sebersit ingin membantu ala di Indonesia yaitu benar-benar membantu untuk biaya operasional masjid seperti bayar listrik,air dll.
Tapi sungguh hal ini sulit di temukan di Saudi Arabia,baik di Jeddah maupun dimanapun saya rasa..!apalagi di Masjidil Haram,sangat steril dari yang namanya kotak amal..!di Masjidil Haram jika orang hendak bersedekah,maka cukuplah membeli barang atau benda seperti beli Tissue,plastik atau beli kurma untuk di bagikan pada jemaah yg mau saja.
Ya kita makhlum Saudi Arabia negara kaya raya,jadi semua biaya operasional masjid di tanggung oleh negara..!
13375665952114452070
Masjid Namirah-Arafah

Lalu kemana orang Saudi Arabia itu jika hendak beramal?
Tadi saya sempat ngobrol-ngobrol dengan orang Saudi Arabia,saya sedikit curhat, sodakah apa yang terbaik buat orang tua yang telah tiada..!
Kata beliau cukuplah jika sudah meng-umrohkan dan mendoakan setiap sehabis sholat,tak ada salahnya bersodakah membelikan Al Quran untuk di infaq-kan ke Masjid dimanapun berada,terserah kemampuannya berapa,mau satu,dua,tiga kitab Al Quran tidak masalah dan tak perlu orang lain tahu,jadi cukup beli Al Quran kemudian di letakan di dalam Masjid(tentunya di Rak tempat Al Quran).
Pantas saja setiap saya masuk ke Masjid-Masjid di Saudi Arabia,Masjid-Masjid tersebut selalu penuh dengan tumpukan Al Quran yg bebas dibaca oleh siapapun..!
Rupanya ada kebiasaan orang Saudi Arabia yang selalu bersedekah dengan menyumbangkan Buku/kitab Al-Quran secara suka rela hanya dengan mengharap pahala dari Allah Yang Maha Pengasih ini..!
Ide orang Arab ini sangat bagus saya rasa..dan bisa menginspirasi bagi kita untuk menanam ladang amal yg pahalanya mengalir selama Al Quran itu di baca orang.
Apalagi pahala membaca Al Quran sangat bagus,,,selain bisa menjadi memudahkan saat kita ditanya oleh Munkar nakir di akherat kelak..juga menjadi penyejuk bagi kita semua termasuk yg mendengarkan..!sana..!
Terima kasih Ya Allah,telah ditunjukan cara beramal yang sangat mulia..Amin..!

sumber : http://www.kompasiana.com/henina


Artikel Terkait:

No comments:

Post a Comment