Wednesday, May 2, 2012

Di Saudi Arabia Jarang Di Jumpai Tawuran Antar Pelajar..!

13357408331099858507
Saudi students sit for their final high school exams/arabstoday.net

Sangat sulit mencari pelajar di Saudi Arabia yang tawuran sesama mereka..entah mengapa,apakah karena sistem pendidikanya yang bagus atau karena ada pendidikan budi pekerti atau pendidikan agama baik dari pihak sekolah maupun pihak keluarga yang menjadikan para pelajar di Saudi Arabia,begitu manis perilakunya dan Umumnya tunduk dengan apa yang di katakan oleh para pendidik atau pihak sekolah..!
Seperti tadi siang dan juga saat pagi hari jam 7am..kebetulan saya ada keperluan dan naik Bus Saptco(Bus Milik pemerintah yg ada AC-nya) biaya murah sekali hanya 2Sr saja..!
Dalam Bus Saptco kebetulan banyak dijumpai para pelajar yang hendak pergi sekolah..mereka sangat tertib..naik Bus ya sama saja,siapa yang duluan maka dia yang dapat tempat duduk,bagi para pelajar ini bayar juga cukup murah hanyak 1sr..kadang tidak bayar juga tidak masalah..!malah beberapa hari yang lalu saat ada Mudir/”Manager Bus Saptco(yg Orang Saudi,saya lihat para pelajar ini tidak di mintai bayaran sama sekali..),mungkin Mudir/Manajer Saudi ini juga sadar dia juga punya anak yg sebaya dengan para pelajar tersebut,dan sudah untung para pelajar ini mau sekolah jadi tak masalah tidak bayar,toh sama-sama ini yg punya pemerintah Saudi Arabia dan mereka adalah aset bangsa,lagi pula para pelajar itu juga sudah terbiasa sekolah gratis dari SD-University,
1335741123172883944
Before graduating from high school, many students begin thinking of applying to a university /ksu.edu.sa
Kembali ke para pelajar Saudi Arabia ini dari,penampilan juga sangat simple,sama juga dengan pakaian yang biasa dikenakan sehari-hari yakni baju Abaya putih-putih..!di tambah Tas ransel di punggung,kadang ada yang pake peci putih di kepala..lebih mirip orang mau ngaji dibanding hendak pergi ke sekolah umum..!
Yang saya salute dengan mereka adalah walau mereka ramai-ramai satu Bus,maupun jumpa dimanapun dengan pelajar dari sekolah lainnya,tidak dijumpai terjadi tawuran antar pelajar baik yang setingkat SMP,maupun yang setingkat SMA,apalagi yang sudah masuk University kalau yang sudah masuk University,sudah lain lagi mereka benar-benar berperilaku layakanya orang dewasa,jadi jika sampai beratem atau tawuran ala pelajar di indonesia,ini sudah merupakan Aib besar,yang kuliah sudah tahu mana perbuatan Aib dan mana yang bukan..!
1335741460654703786
Prince Sultan Military College of Health Sciences, Dhahran, Saudi Arabia/aarc.org

Sementara bagi yang masih setingkat SMP dan SMA..sama saja,mereka tetap berperilaku sopan dan saling menghargai sesama mereka..!
Rasanya damai sekali melihat anak-anak abege/pelajar  ini,begitu manis perilakunya..kalaupun mereka kumpul-kumpul,juga karena mereka hendak berolah raga,baik main sepak bola maupun Vollyball ataupun mengerjakan tugas sekolah lainnya..!
Tak ada dijumpai para pelajar ini seperti pelajar di Jakarta  ataupun kota besar lainnya di Indonesia yg hoby tawuran dimana mau pergi sekolah ada yg bawa rantai,bawa pentungan ataupun senjata tajam..!
Di Saudi Arabia tak di jumpai hal seperti ini..!mereka ikhlas tujuannya memang hendak menuntut ilmu,walau ada yang bilang kualitas pendidikan di Saudi Arabia rendah,tapi tak menjadikan para pelajar di Saudi Arabia berbuat onar dan anarkis..apalagi sampai unjuk rasa menentang pemerintah,seperti yang dilakukan oleh Mahasiswa di Indonesia..hmmm..kalau yang ini jelas sangat tabu untuk di lakukan..!
13357432591556638902
Bus Saptco/panoramio.com

Entah faktor apa yang menjadikan para pelajar Saudi Arabia bisa begitu manis dan beradab,takluk dengan aturan sekolah dll.bisa jadi peran orang tua,terutama peran seorang Ayah sangat berpengaruh di Saudi Arabia..boleh di katakan tak ada anak laki-laki yang berani berbuat atau membantah apa kata Ayahnya..karena bisa-bisa jatah uang makan bisa lenyap jika berani melawan orang tua..!apalagi jika ada pengaduan dari sekolah bahwa anaknya nakal dan bandel,sudah pasti bisa-bisa dihajar habis-habisan oleh sang Ayah..!
Dan kebetulan guru-guru di Saudi Arabia juga laki-laki semua jadi di segani,tentu saja guru untuk pelajar laki-laki..!
Tapi di Indonesia,juga banyak guru laki-laki,tapi kenapa banyak yg bandel-bandel ya..?apa salah makan mungkin ya..?makanan rohani terutama..!
Tapi sepertinya kesadaran mereka dan para pendidik yang berhasil menumbuhkan dan meyakinkan mereka bahwa mereka adalah masa depan bangsa,karena itu mereka benar-benar sadar akan keberadaan mereka sebagai pelajar,hal itu tercermin dari tingkah laku pelajar di saudi arabia yg santun dan bersungguh-sungguh dalam menuntut ilmu dan juga jarang terlibat tawuran antar sekolah/antar pelejar..!
Salute untuk para pelajar Saudi Arabia mereka benar-benar berperilaku layaknya seorang pelajar yg berbudi pekerti  sangat tinggi….!
Salam hangat dari Jeddah-KSA..!
http://www.kompasiana.com/henina



Artikel Terkait:

1 comment:

  1. Bangsa kita memang sakit, mulai dari orang tuanya, apalagi anaknya. Saatnya kita perbaiki mulai dari diri sendiri, kemudian keluarga dan kalau bisa mengajak masyarakat, dan masyarakat ini hanya bisa baik hanya dengan Islam, tidak ada yang lain.

    ReplyDelete