Monday, May 21, 2012

Nasi Bukhori, Menu Warteg-nya Orang Saudi Arabia


13373873922107944136
Nasi Bukhari

Anda kenal nama Bukhori..?Bagi umat Islam pasti sangat familiar dengan nama ini..karena Imam Bukhori adalah salah satu dari enam tokoh penghimpun hadits sahih yang paling terkenal, antara lain yaitu: Imam Bukhari, Imam Muslim, Imam Abu Daud, Imam Tirmizi, Imam Nasa’i, dan Imam Ibn Majah.
Nama Bukhori juga merujuk pada suatu wilayah di negara Asia Tengah yakni Bukhara-Uzbekistan dekat dengan kota Samarkand,dimana daerah ini dulu adalah pusat kebudyaan Islam selain dari Baghdad,dan Damaskus serta Madinah dan Mekkah..!
Tapi bukan itu yang saya bahas,ini hanya agar orang sedikit paham tentang asal-usul nama Bukhori,selain nama perawi Hadist Nabi yang terkenal juga adalah memang ada nama daerah Bukhara yang juga tempat kelahiran Imam Bukhari..!
Di jeddah sini nama Bukhori di abadikan pada sebuah nama makanan yakni Nasi Bukhori atau bahasa Arabnya Rush Bukhori,mirip juga dengan Nasi Kabsa.
Nasi Bukhori sendiri adalah nasi yang dimasak secara khusus biasanya dimasak dalam wajan besar yg bisa memuat sampai kira-kira 20kg,dimasak dengan campuran minyak zaitun maupun minyak samin dan seabreg bumbu-bumbu rempah yang saya tidak tau persis apa saja isinya..!
Lauknya sendiri biasa tidak jauh dari Ayam panggang maupun ayam yang di grill(di  masak secara khusus,maaf saya kurang paham istilahnya). ditambah daun lalapan,dan sambal campur tomat serta bawang merah dan tambahan jeruk nipis..!
Masalah harga cukup murah dengan lauk separuh ayam cukup 12-13 Riyal saja,amat sangat kenyang bagi ukuran perut orang Indonesia jika dimakan sendiri..!saya sendiri jika malas masak lebih suka beli Nasi Bukhori ini,karena selain mudah juga cukup nikmat,apalagi ayam grill-nya kadang sudah di rendam dengan bumbu,selama semalaman..jadi saat di grill sudah meresap bumbunya dan cukup sedap rasanya..!
Penjualnya sendiri kebanyakan dari orang Bukhori(tadinya saya fikir mereka orang Afghanistan)karena matanya cenderung sipit dan kulitnya putih,hanya saja hidung sedikit mancung dibanding orang china,tapi mata(agak sipit) tak dapat di pungkiri mereka hasil perpaduan kawin campur selama beradab-abad lamanya  di negara Asia Tengah antara Ras Arab,China dan Kulit Putih,serta Parsi jadi melahirkan sosok Etnis yg uniq..!
13373824781688767908
ayam grill untuk lauk nasi bukhori

Mengapa saya katakan mirip dengan warteg-nya di wilayah Saudi Arabia?ini hanya untuk menggambarkan betapa lakunya makanan Nasi Bukhori tersebut,yang mengkonsumsi paling banyak siapa lagi kalau bukan orang Saudi Arabia itu sendiri,tapi para pendatang dari negara lainpun,macam Pakistan,Yaman,Mesir dll. kalau makan siang dan makan malam tidak jauh dari Nasi Bukhori ini..!
Sementara kalau orang Indonesia hanya sesekali saja,jika kepepet malas masak biasanya memilih beli Nasi Bukhori ini..!
Restaurant/warung Nasi Bukhori ini sangat merajalela di Jeddah sini,hampir di jalan manapun di jumpai Warung Nasi Bukhori ini..!
Restaurant/warung Bukhori ini  buka biasanya mulai sehabis Sholat Dhuhur hingga jam 12.30 Malam..!
Tapi maaf saja ada efek buruknya jika tiap hari makan Nasi Bukhori ini,dijamin dalam hitungan bulan saja,badan bisa melar dan perut Buncit..tak heran karena hal ini,banyak dijumpai warga Saudi Arabia yang terkena Obesitas salah satu penyebabnya ya karena mereka mengkonsumsi Nasi Bukhori sepanjang hari atau saking seringnya,belum lagi minumnya..sudah pasti tidak jauh dari Soft drink Pepsi dan sejenisnya..!


Lengkap sudah ginuk-ginuknya dan montoknya,kalau sudah montok begini maka banyak di jumpai orang yg sholat di masjid sambil duduk di kursi,tidak mampu melakukan sujud sama sekali,karena lemak di perut sudah sedemikian banyaknya..!jadi saat sujud cukup menunduk dari kursi saja..!tapi ada juga yang berdiri secara normal saat sholat di masjid,sementara saat sujud ya begitu lebih memilih duduk di kursi saja..saking gemuknya..!

Ini efak buruk dari terlalu sering makan Nasi Bukhori,hal ini diketahui dari cerita orang Arab, yang terkena Obesitas itu sendiri selain makan yg manis-manis dan berlemak mereka juga tiap hari makan Nasi Bukhori.
Mau coba buka Restaurant dengan Menu Nasi Bukhori?kalau buka di daerah yg banyak Turis Arabnya saya rasa laku misal di Puncak-Bogor..!
Tapi bagi saya Nasi Uduk lebih sedap segalanya dibanding Nasi Bukhori,hanya saja ukuran Jumlah Nasi Bukhori memang super Jumbo..!sementara kemasan nasi ini sendiri  dikemas dalam sebuah bungkus plastic yg bagian luarnya ada pembungkus kertas sebagai pelapis bungkusan Nasi Bukhori itu sendiri..!

Salam sejahtera selalu dari Jeddah -KSA..!
kompasiana.com/henina


Artikel Terkait:

No comments:

Post a Comment