Thursday, May 10, 2012

Syekh Al-Sudais Jadi Pejabat Setingkat Menteri

Syekh Al-Sudais Jadi Pejabat Setingkat Menteri
Syaikh Abdul Rahman Al-Sudais
MAKKAH-- Imam besar Masjidil Haram, Syekh Abdul Rahman Al-Sudais  diangkat oleh Kerajaan Arab Saudi sebagai pejabat Kerajaaan setingkat menteri di negara tersbut. Pengangkatan Al-Sudais yang dikenal dengan bacaan Alqurannya yang sangat merdu itu berlangsung Selasa (8/5) di Royal Court Makkah.

Jabatan yang diamanahkan kepada Syekh Al-Sudais sebagai Kepala Dua Tanah Suci Umat Islam, yaitu Makkah dan Madinah. Jabatan tersebut setingkat dengan menteri di negara tersebut. Pengangkatannya itu untuk menggantikan Sheikh Saleh Al-Hosain yang dahulu menjabat.

"Kami telah menerima permintaan Syekh Saleh Al-Hosain untuk dibebastugaskan dari posisinya sebagai Kepala Dua Masjid Suci (Masjidil haram dan Masjid Nabawi) karena alasan kesehatan beliau. Sebagai pengganti beliau, kami menunjuk Syekh Abdurrahman Al-Sudais di tempatnya." ungkap Raja Abdullah yang bertitel sebagai Pelayan Dua Masjid Suci (Makkah dan Madinah) dalam sebuah dekrit kerajaan.

Syaikh Al-Sudais lahir di Riyadh pada tahun 1382H. Beliau telah menamatkan hafalan Alqurannya ketika masih berumur 12 tahun. Ia dibimbing langsung oleh Syekh Abdul Rahman Al-Firyan, seorang ulama yang terkenal di Arab saudi hingga Al-Sudais lulus dari Fakultas Syariah di Riyadh pada 1403H.

Beliau pernah belajar dibawah bimbingan Syaikh Saleh Al-Nasser, Syaikh Abdul Aziz Al-Asheikh (mufti sekarang), Syaikh Saleh Al-Atram, Syaikh Abdullah Al-Jibrin dan Syaikh Abdul Aziz Al-Dawood dan beberapa ulama terkenal lainnya. Beliau juga sangat dekat dengan mantan Mufti Syaikh Abdul Aziz Binbaz.

Pada 1404H, Syaikh Al-Sudais diangkat menjadi imam dan khatib Masjidil Haram Makkah. Pada tahun 1408H ia menerima gelar master dari Imam Muhammad bin Saud Islamic University di Riyadh. Selain menjadi imam di Masjidil haram Makkah, waktu itu ia juga menjadi dosen di Sekolah Tinggi Syariah di Umm Al-Qura University yang kemudian memberikannya gelar doktor pada tahun 1416H.

Syaikh Al-Sudais sangat aktif memberikan kuliah tentang topik keislaman. Beliau juga sering memberikan panduan bagi jamaah haji selama musim haji berlangsung.

Beliau juga aktif memberikan kuliah umum diberbagai universitas di negara-negara islam. Selama dua tahun terakhir ini beliau sudah mengunjungi India, Pakistan, Malaysia, Inggris dan juga Indonesia. Beliau pernah datang ke Universitas LIPIA Jakarta untuk memberikan kuliah umum bagi mahasiswa-mahasiswa Indonesia.
(arabnews,Rep)

Artikel Terkait:

No comments:

Post a Comment