Tuesday, June 5, 2012

Masjid Di Arab Saudi: Ibarat Oase di Tengah Gurun

Salah satu masjid di kota Riyadh . Gambar www.proprtyworld.com Melihat masjid di Arab Saudi sungguh menyejukkan mata,di mana setiap desain bangunannya mempunyai citarasa seni tersendiri,mayoritas Masjid di kota Riyadh yang pernah saya singgahi hampir berbentuk sama dengan warna yang sama pula,yang membedakan adalah modelnya,dari pintu utama sampai jendela-jendela samping mempunyai model yang berbeda.
Tapi Masjid di sini tidak seperti di Indonesia yang cenderung terbuka bebas,kecuali ruangan dalam masjid. Karena kebanyakan Masjid di Arab Saudi tidak mempunyai aula seperti halnya masjid di Indonesia.

Dan ada yang unik di setiap Masjid di Saudi ini,rerata semua Masjid menyediakan air bersih yang bisa di konsumsi secara gratis dan bisa di minum langsung,yang di simpan di dalam sebuah dispenser khusus berbentuk kotak besar dengan deretan keran dan biasanya dingin,yang memang di sediakan untuk umum.
1338641509886812130
Dispenser khusus air dingin yang ada di tiap Masjid di Arab Saudi
Begitupun di dalam Masjid itu sendiri,di sediakan Dispenser khusus,biasanya ada dua sampai empat dispenser yang di letakkan di pinggiran tempat orang sholat,juga di sediakan gelas plastik sekali pakai.
Di musim panas seperti sekarang ini,meski kebutuhan air bersih semakin meningkat dan mahal,tapi tidak mempengaruhi penyediaan air bersih cuma-cuma ini,bahkan beberapa rumah warga Saudi juga ada yang menyediakan air siap minum ini untuk umum,kebanyakan para pekerja asing yang memanfaatkan kebaikan orang Saudi ini,mereka kadang membawa galon besar 30 liter sekali mengambil air.
Memang,Masjid di Arab Saudi ibarat Oase di tengah -tengah gurun yang menyengat,kita bisa mendinginkan diri setelah terkena sengatan matahari di dalamnya,atau melepas dahaga dengan keran air dingin yang tersedia,semoga Masjid di Indonesia juga bisa meniru hal ini,karena akan sangat bermanfaat bagi sebagian orang yang sedang bepergian,atau orang yang tidak mempunyai sumber air sendiri.


kompasiana.com/ar48k3r3.

Artikel Terkait:

No comments:

Post a Comment