Monday, November 28, 2011

700 Ribu Mobil Impor Serbu Arab Saudi


ARAB Saudi memang negara pengekspor minyak tapi sekaligus pengimpor mobil. Impor mobil Arab Saudi pada 2012 diperkirakan mencapai 700.000 unit setelah penjualan pada 2011 melewati 650.000 unit.

"Saya mengharapkan lonjakan penjualan mobil di Arab Saudi didorong ekonomi yang kuat dan harga minyak naik," kata Ali Alireza, Managing Director Haji Husein Alireza Co di harian Al-Madinah.

Para analis industri sebelumnya meramalkan bahwa pada 2013, penjualan mobil di kerajaan tersebut akan menyentuh 880.000 unit per tahun. Ini berarti ada lompatan hingga 50 persen dari angka pada 2008.

Alireza tidak mendukung ide mendirikan pabrik mobil di Arab Saudi. Alasannya, itu tidak akan mendatangkan kesuksesan. "Sebelum memiliki pabrik-pabrik mobil, kita harus memiliki pabrik-pabrik untuk suku cadang mobil terlebih dulu," kilahnya.

Alireza berbicara di sela-sela Saudi International Motor Show yang dibuka pada 19 November dan dilanjutkan selama lima hari.  Berbagai mobil dari Jepang bertengger di panggung pusat pameran. Mobil asal merek Korea dan China, termasuk Geely, BYD, dan Lifan juga tak kalam menarik sejumlah besar pengunjung.

Perusahaan Alireza adalah diler eksklusif lokal untuk mobil dari Geely Holding Group. Mereka meluncurkan buatan terbaru yakni mobil Geely & Geely Emgrand awal tahun ini. (arabnews.com/OL-5)

Artikel Terkait:

No comments:

Post a Comment