Friday, November 4, 2011

Penyelenggaraan Haji Ubah Destinasi Pariwisata Warga Saudi



JEDDAH – Warga Arab Saudi, terutama yang bermukim di Makkah dan Jeddah, memiliki dua cara untuk mengindari kepadatan di kota mereka selama musim haji, yakni melakukan wisata domestik dan wisata internasional.
Biasanya, penduduk dibagi dua, yakni yang memilih tetap berada di dalam negeri dan yang memilih untuk melakukan perjalanan ke luar negeri.
Kelompok pertama biasanya pergi untuk beristirahat rumah di pinggiran Makkah atau Jeddah. Mereka juga melakukan perjalanan ke Madinah, yang akan kurang ramai selama haji karena para jamaah akan sibuk melakukan ibadah di Makkah.
Sebuah sumber resmi di Saudi Arabian Airlines yang tidak ingin namanya disebutkan mengatakan kepada Arab News, bahwa mayoritas orang Saudi yang bepergian ke luar negeri selama periode ini memilih pergi ke Lebanon, Uni Emirat Arab, Malaysia, dan Indonesia.
Dia mengatakan jumlah wisatawan yang memilih Mesir telah sangat berkurang setelah terjadi kekacauan politik di sana. Meskipun, kata sumber tersebut, jumlah pengunjung ke Sharm El-Sheikh—sebuah kota tujuan wisata di Mesir—tidak terlalu berpengaruh.
Sumber tersebut juga mengatakan, prosentase penerbangan ke Uni Emirat Arab (UEA) juga meningkat. Akibatnya, maskapai tersebut mengoperasikan hingga empat penerbangan setiap hari ke Dubai.
Sementara itu, kepada Arab News, sejumlah warga mengatakan lebih suka menghabiskan liburan Idul Adha di Saudi seperti pergi ke Madinah atau rumah-rumah di Jeddah. Alasan mereka adalah cuaca yang bagus serta liburan yang pendek.
Siham Al-Kahldi, seorang ibu rumah tangga di Saudi, mengatakan lebih suka menghabiskan Idul Fitri di Jeddah, karena liburan pendek tidak memungkinkan suaminya bepergian ke luar negeri. “Cuaca bagus, jadi kami pergi ke laut atau menyewa rumah istirahat,” katanya.
Hassan Jaber, seorang pemuda asal Saudi, mengaku lebih suka menghabiskan liburan Idul Adha di dalam negeri. “Saya lebih suka untuk tetap berada di samping ibu saya, serta menjalankan puasa di sembilan hari pertama Dzulhijjah dengan beliau,” katanya.

REPUBLIKA.CO.ID, 

Artikel Terkait:

No comments:

Post a Comment