Friday, November 25, 2011

Finlandia Buka Sekolah di Jeddah

JEDDAH – Arab Saudi akan mendirikan Sekolah Internasional Finlandia pertama di Jeddah. Ini merupakan langkah awal negara kerajaan tersebut dengan pemerintah Finlandia. Selama ini, Finlandia disebut sebagai negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia.

Duta Besar Finlandia untuk Arab Saudi Jarno Syrjala berharap bisa memulai beberapa program pendidikan dengan pemerintah Arab.

“Pendidikan adalah salah satu prioritas, dan inisiatif ini akan membuka pintu bagi kerja sama pendidikan dengan Arab. Ini merupakan inisiatif dari Arab, tapi kami sangat senang karena memiliki sekolah ini di Jeddah,” jelas Jarno seperti dikutip dari Arab News, Sabtu (26/11/2011).

Sekolah ini akan menjadi sekolah tradisional Finlandia, yang mengajarkan sejarah Finlandia. Meski jumlah warga Finlandia tidak banyak di Arab, sejumlah siswa dari Finlandia harus bersekolah di sekolah Amerika dan lulus tanpa pengetahuan mengenai sejarah mereka. Sekolah ini juga akan membiasakan siswanya dengan topik yang berbeda mengenai Finlandia, seperti sejarah dan lingkungannya.

Sekolah akan dibangun oleh pakar pendidikan dan pengusaha asal Arab, Sara Al-Khariji. Dia memastikan, Departemen Pendidikan di Arab telah memfasilitasi semua persyaratan yang dia ajukan dalam rangka kerja sama dengan Finlandia.

“Kami di Arab Saudi menjadi saksi dari lompatan besar dalam bidang pendidikan. Banyak orangtua di Arab dan para ekspatriat yang berbicara kepada saya dan berharap memiliki sebuah sekolah yang mengajarkan siswanya berkreasi,” papar Sara.

Sara mengaku ‘berkelana’ selama dua tahun untuk menemukan program pendidikan paling sempurna di dunia. Akhirnya, dia menemukan bahwa Finlandia adalah yang terbaik menduduki peringkat pertama di dunia dalam tes berbagai mata pelajaran.

“Sekolah ini akan menjadi kesempatan untuk menawarkan pendidikan khusus bagi masyarakat Saudi dan ekspatriat di Jeddah. Para siswa akan mendapatkan program pendidikan yang belum pernah mereka alami sebelumnya,” pungkasnya.(rfa)


Artikel Terkait:

No comments:

Post a Comment