Wednesday, November 9, 2011

Al Baik, 'Teman Baik' Mabit di Mina

MAKKAH - Beda Muzdalifah beda juga dengan Mina. Jika mabit atau menginap di Muzdalifah ditemani mi instan dan segelas kopi susu, di Mina mabit ditemani dengan sajian Al Baik.

Al Baik adalah sebuah restoran fast food yang cukup terkenal di Arab Saudi. Sajiannya mirip KFC, tapi lebih diminati orang Arab dan jamaah haji.

Di Muzdalifah hanyalah hamparan padang pasir yang berada di tengah gunung dan prosesi mabit jamaah haji dibatasi dengan pagar sesuai pembagian maktabnya masing-masing. Di tempat ini ada penjual mi instan dan kopi susu atau teh, tapi mereka seperti kaki lima dengan model sebuah meja dan air panas.

Sedangkan kawasan jamarat di Mina lebih modern lagi. Banyak restoran yang dibuka di sekeliling Jamarat. Resto fast food yang terkenal dan digemari di Arab Saudi ini membuka dua toko, satu di depan jalan utama Jamarat dan satunya di dekat pintu keluar Jamarat.

Dalam pantauan , Al Baik di dekat pintu keluar Jamarat ini bukan hanya tidak sepi pembeli. Bahkan antrean mereka yang panjang dan mengular terus mewarnai hingga tengah malam. Beberapa askar juga terlihat berjaga-jaga di sekitar Al Baik, karena jalanan di pintu masuk dan keluar Al Baik ini ramai dan mengganggu lalu lintas jamaah haji.

Dalam prosesi 6 jam minimal Mabit di Mina ini terlihat jamaah haji yang perutnya keroncongan rela mengantre satu jam lebih untuk mendapat paket makanan Al Baik dengan harga bervariasi. Biasanya satu kelompok mengutus satu orang untuk mengantre. Antrean wanita yang terpisah dengan pria kondisinya penuh, tapi tidak sebanyak antrean pria. Makanya tak jarang jamaah haji dari berbagai negara ini memanfaatkan 'rekan wanitanya' untuk mengantre agar lebih cepat mendapat makanan.

Di samping resto Al Baik, terdapat juga beberapa resto fast food yang tidak terlalu populer, tapi tetap diburu karena antreannya tidak sepanjang di Al Baik.

Setelah makanan didapat, mereka pun makan di tempat mabit masing-masing dan melanjutkan mabit dengan berzikir atau bercengkrama dengan perut yang tidak kosong lagi. Semoga saja mabitnya juga menjadi baik.
(ful)

http://haji.okezone.com

Artikel Terkait:

No comments:

Post a Comment