Kamis, 16 Agustus 2012

Arab Saudi Larang Nama Domain .gay dan .islam

CHIP.co.id - Pemerintah Arab Saudi Larang Nama Domain .gay dan .islamArab Saudi, CHIP.co.id - Pemerintah Arab Saudi baru-baru ini mengeluarkan larangan tegas bagi para pengguna internet agar tidak membuat alamat domain mereka dengan akhiran; .gay, .bar, .baby, dan .islam.

Larangan tegas ini diajukan oleh Saudi Arabia's Communication and Information Technology Commission (CITC), karena menganggap domain yang berakhiran .gay seperti sedang mempromosikan kegiatan homoseksualitas yang sangat ditentang di negara tersebut.

Menurut CITC terdapat lebih dari 31 larangan domain yang merunut ke isu SARA. Dan mereka pun telah menemukan lebih dari 1.930 domain terkenal menggunakan hal tersebut.

"Banyak masyarakat dan budaya kami yang menganggap homoseksualitas sangat bertentangan dengan moralias, budaya dan agama," ungkap CITC yang dilansir dari CNN.com.

Keberatan Arab Saudi pun sebenarnya tidak terlalu bertele-tele, karena Negara yang memiliki mayoritas umat Muslim tersebut sangat konsen menyoroti isu-isu budaya yang bertentangan dengan agama. Maka, tidak heran apabila mereka juga sangat konsen menyoroti domain yang kontroversial dengan isu seks, minum-minuman keras, perjudian, atau pun agama.

Ketika Johnson & Johnson, perusahaan penyedia perlengkapan bayi asal Amerika Serikat ingin menggunakan nama domain berakhiran .baby, pemerintah Arab Saudi pun segera melarang nama domain tersebut beredar di negara mereka. Karena, mereka menganggap .baby seperti domain yang digunakan oleh para penyedia hosting pornografi.

Selain hal tersebut, Negara ini juga keberatan akan nama domain yang berakhiran .islam. "Kami mengharapkan nama domain tersebut berkaitan dengan isu keagamaan, dan domain tersebut tidak dapat digunakan oleh swasta yang tidak ada sangkut-pautnya dengan agama Islam."


Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar