Rabu, 15 Agustus 2012

Saudi Siapkan Rp 156 Triliun Bangun Transportasi Haji

RIYADH -- Pemerintah Arab Saudi menyiapkan  dana miliaran dollar untuk membenahi transportasi umum di kota suci Mekah. Hal ini untuk menyambut musim haji dengan kedatangan jutaan pemeluk Islam di kota tersebut setiap tahunnya.

Kantor berita resmi Saudi (SPA) menyebutkan pemerintah telah menyiapkan 62 miliar riyal atau USD 16,5 miliar, setara Rp 156 triliun  untuk memperbaharui jaringan bus dan kereta agar jemaah haji makin nyaman beribadah di Mekah. Selama ini kedatangan umat muslim untuk melakukan ibadah haji dan umroh membuat sistem transportasi di kota Mekah kewalahan.

Menurut SPA, akan dibangun rel kereta sepanjang 182 kilometer dengan 88 stasiun yang nantinya akan melayani empat rute. Namun, proyek yang akan dibangun dalam 10 tahun tersebut,  belum ada rincian mengenai jadwal pengerjaan maupun perusahaan yang memenangkan kontrak.

Proyek baru ini untuk melengkapi berbagai proyek lain seperti pembangunan jalan baru, jembatan, hotel, pusat perbelanjaan, dan perumahan di pinggiran kota untuk mengakomodasi warga di Mekah yang harus pindah karena rumah mereka terkena proyek.

Seperti dimuat laman ABCnet (15/8), tahun lalu walikota Mekah kepada kantor berita Reuters mengatakan dalam enam tahun ke depan pemerintah berharap bisa membangun jalan dan tiang pancang jembatan di dekat Masjidil Haram.

Selain membenahi Mekah, pemerintah Saudi telah menganggarkan miliar dolar untuk memodernisasi sistem transportasi di ibukota Riyadh. Pemerintah juga akan membangun jalur kereta api cepat untuk menghubungan Mekah dan Madinah. (Esy/jpnn)



Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar