Senin, 27 Agustus 2012

Bayi Lahir dengan Posisi Hati Terbalik

BayiRIYADH — Seorang ibu dari Arab Saudi baru-baru melahirkan bayi laki-laki dengan letak organ tubuh yang terbalik karena jantung berada di bagian kanan dan hati di bagian kiri tubuh.

Para dokter di sebuah rumah sakit di Khamees Mushait, sebuah kota di barat daya Arab Saudi, mengatakan bahwa proses kelahiran berjalan normal dan mereka tidak membutuhkan intervensi bedah.

Suratkabar lokal berbahasa Arab, Okaz memberitakan bahwa kasus letak organ tubuh yang terbalik tergolong langka dan hanya terjadi satu dari setiap satu juta kelahiran. Kondisi bayi kini dipantau ketat dan ia dibaringkan di ruang ICU, sekalipun kondisinya relatif stabil.

Namun para dokter mengkuatirkan tentang kemungkinan komplikasi medis di lambung dan pankreas karena adanya tekanan hati pada dua organ tubuh itu.

Dr Issam Abdelbari, kepala neonatologi di RS Medcare di Dubai, Uni Emirat Arab mengatakan bahwa kasus serupa juga terjadi di UEA dan bayi-bayi dapat berkembang normal. Menurutnya bayi yang baru lahir itu diperkirakan bakal berkembang normal tanpa efek samping. 

“Masalah baru timbul bila organ jantung dan liver sama-sama terletak di bagian kanan tubuh. Kondisi ini bisa menjadi problem besar dan operasi pembedahan sangat dibutuhkan untuk memperbaikinya. Dua organ yang berada pada satu sisi tubuh yang sama justru akan menghambat aliran darah sehingga pasokan oksigen semakin berkurang,” ujar Dr Abdelbari.

Menurut Dr Abdelbari, kasus semacam itu tidak terjadi lantaran faktor genetik atau kromosom atau karena ibunya. “Semuanya terjadi karena kehendak Allah,” tegasnya.

Sejauh ini tim dokter dan para ahli belum menemukan jawaban tentang alasan terjadinya kondisi terbalik itu. Namun kabar yang menggembirakan adalah banyak orang yang lahir dengan letak organ tubuh yang salah ternyata mampu melakukan berbagai aktivitas dengan normal dalam kehidupan mereka di kemudian hari.
Editor — Maghfur Ghazali,Harian Terbit


Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar