Thursday, August 25, 2011

Arab Saudi Kampanye Nasional Bantu Somalia





Seorang dokter membantu pasien somalia

Pemimpin Kerajaan Arab Saudi, Raja Abdullah, yang meluncurkan kampanye nasional penggalangan dana untuk Somalia, menyumbang 20 juta riyal atau setara lebih dari 45,5 milyar rupiah, Senin (22/8). Putera mahkota Sultan bin Abdul aziz Al Saud, yang menjabat wakil perdana menteri dan menteri pertahanan serta inspektur jenderal otoritas penerbangan, memberikan donasi sebesar 10 juta riyal.
Sementara Pangeran Naif bin Abdul Aziz Al Saud, wakil kedua perdana menteri dan menteri dalam negeri, menyumbang uang sebesar 5 juta riyal. Kampanye nasional penggalangan dana kemanusiaan bagi korban kelaparan di Somalia digagas oleh Raja Abdullah dan dimulai pada hari Senin ini (22/8).
Di bawah pengawasan Menteri Dalam Negeri Pangeran Naif bin Abdul Aziz Al Saud, warga Arab Saudi dan para ekspatriat mengumpulkan uang untuk membantu rakyat Somalia, yang sedang mengalami bencana kelaparan akibat kemarau yang berkepanjangan dan konflik horisontal.
Turut mendukung kampanye itu adalah media-media massa resmi pemerintah Saudi seperti Channel 1, Radio Riyadh, Radio Jeddah dan Radio Nida’a Al Islam. Beberapa rekening bank disiapkan pemerintah untuk menampung donasi dari para dermawan di seluruh negeri.

Sebelumnya Pemimpin Arab Saudi Raja Abdullah memerintahkan dilakukannya kampanye penggalangan dana secara nasional untuk membantu kaum Muslim di Somalia. Kampanye ini akan mulai dilaksanakan hari Senin (22/8).

Dalam pernyataan yang dikeluarkan pada hari Sabtu (20/8), Raja Abdullah mendorong warga Saudi untuk mengeluarkan sebagian harta mereka guna membantu saudara sesama Muslim yang ada di Somalia.

Seraya mengutip ayat-ayat dalam al-Qur`an tentang keutamaan bersedekah dan perbuatan baik, Raja Abdullah memerintahkan agar kampanye penggalangan dana untuk bencana kelaparan di Somalia dilakukan mulai hari Senin besok.

Raja Abdullah juga menyebutkan bahwa tempat di mana dua masjid suci berada-- Makkah dan Madinah--adalah tempat yang tepat untuk memulai kampanye kemanusiaan itu.

Sejumlah organisasi Islam yang bermarkas di Arab Saudi, seperti Bank Pembangunan Islam, Islamic Relief dan World Assembly of Muslim Youth (WAMY), telah lebih dulu mengirimkan sejumlah bantuan kemanusiaan ke Somalia.*
Sumber : an
Red: Dija

Sumber : www.fimadani.com dan Hidayatullah.com
             


Artikel Terkait:

No comments:

Post a Comment