Friday, August 19, 2011

Investor Arab Saudi Benahi PDAM Bekasi

 
Investor asal Arab Saudi, PT Moya Asia akan menyuntik PDAM Bekasi senilai 17,5 juta dolar AS untuk peningkatan kapasitas Instalasi Pengolahan Air Bersih (IPA) di Tegal Gede Bekasi Jawa Barat. 

"Untuk menggarap itu, mereka akan membentuk konsorsium bersama BUMD Bekasi, PT Bekasi Putera Jaya," kata Kepala Badan Pendukung Pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum (BPPSPAM), Kementerian Pekerjaan Umum, Rachmat Karnadi kepada pers, di Bekasi, Jawa Barat, Kamis (18/8).

Nota kesepahaman pembentukan konsorsium dan rencana pengembangan IPA Tegalgede, milik Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Bekasi, Tirta Bhagasasi itu ditandatangani di Bekasi (18/8).

Ia menjelaskan, air bersih hasil pengembangan ditargetkan mulai dirasakan enam bulan ke depan dengan produksi air sebesar 200 liter per detik berteknologi Ultra Filtration.

Proyek tersebut merupakan proyek skema Kerjasama Pemerintah dengan pola bussiness to bussiness (B to B)  antara PDAM Tirta Bhagasasi dengan BUMD Bekasi yakni PT Bekasi Putera Jaya dan investor asing.

"Konsep ini sesuai dengan Permen PU No. 12/2010 tentang pedoman kerja sama pengusahaan pengembangan sistem penyediaan air minum dan merupakan proyek pertama dari regulasi itu," katanya.

Dalam kerja sama tersebut, investor akan melakukan peningkatan produksi air sebesar 560 liter per detik secara bertahap dalam tujuh tahun ke depan.

Saat ini, produksi air di IPA Tegal Gede itu mencapai sekitar 450 liter per detik. Artinya, dengan peningkatan itu, kapasitas air bersih yang dihasilkan akan mencapai 1.010 liter per detik.

Peningkatan kapasitas akan meliputi desain, bangun, operasi dan transfer (DBOT) dengan masa konsesi selama 25 tahun.  Investor juga berkewajiban mengucurkan dana rehabilitasi setiap lima tahunnya.  (Ant/OL-2) MICOM


Artikel Terkait:

No comments:

Post a Comment