Monday, August 8, 2011

Replika Masjid dari Sarung Masuk Muri

Sebuah pusat perbelanjaan di Kota Surabaya, Jawa Timur, membuat replika Masjid Nabawi guna menyemarakkan suasana Ramadhan. Replika yang terbuat dari kain sarung dengan beragam motif itu kemudian tercatat dalam Museum Rekor Dunia Indonesia (Muri).
Assistant Marketing Communication pusat berbelanjaan City of Tomorrow (Cito), Indra Irmawan, menuturkan, replika Masjid Nabawi yang merupakan salah satu masjid terpenting di Kota Madinah, Arab Saudi, itu sengaja dibuat guna menambah nuansa Ramadhan. "Replika masjid ini akan dipajang di atrium hingga 4 September," ujar Indra, Minggu (7/8/2011).
Replika tersebut sengaja dibuat dari susunan kain sarung dengan beragam motif sehingga menampilkan nuansa kain lokal Indonesia. Selain sarung, replika masjid ini juga menggunakan bahan berupa balok-balok styrofoam, tripleks, dan cat.
Pembuatan replika masjid itu melibatkan 8 pekerja, yang bekerja selama 14 hari. Mereka membuat rangka replika dari styrofoam dan tripleks. Di antara rangka tersebut, lipatan kain sarung lantas disusun bertumpuk-tumpuk sehingga menjadi dinding masjid.
Replika masjid itu berukuran tinggi 3,66 meter, panjang 8,4 m, dan lebar 3,66 m. Sedangkan menara replika masjid itu menjulang setinggi 13 meter. Total menggunakan 178 lembar sarung, yang terdiri dari 66 motif.
Senior Manager Muri Paulus Pangka menuturkan, dengan hasil itu, replika Masjid Nabawi ini tercatat di Muri sebagai rekor yang ke-5.051. "Replika masjid ini mendapat rekor untuk kategori superlatif, alias terbanyak," katanya.
Selain rekor untuk replika masjid, Cito juga mendapat rekor lainnya untuk pembuatan replika hewan unta dengan menggunakan buah kurma. 
Replika unta itu dibuat selama 12 hari dengan menggunakan 66.000 butir buah kurma. Buah manis yang kerap menjadi makanan pembuka puasa tersebut ditempel di sekujur stryrofoam yang membentuk unta. Replika unta ini tercatat di Muri sebagai rekor yang ke-5.052.

SURABAYA, KOMPAS.com —
Sumber: http://regional.kompas.com/read/2011/08/07/21185862/Replika.Masjid.dari.Sarung.Masuk.Muri


Artikel Terkait: