Monday, October 17, 2011

Arab Saudi Rencana bangun 16 pembangkit listrik tenaga nuklir

Pangeran Turki Al-Faisal

Pangeran Turki Al-Faisal mengumumkan bahwa Arab Saudi berencana akan mengalokasikan dana sebesar 100 miliar dolar (900 trilliun rupiah) untuk membangun 16 pembangkit listrik tenaga nuklir, hal ini untuk memenuhi kebutuhan listrik serta mempertahankan tingkat ekspor minyak mentah.
Kata Pangeran Turki Al-Faisal dalam forum regional yang diadakan di pulau Jeju Korea Selatan. Korea Selatan dan Arab Saudi akan membuat kesepakatan kerjasama yang erat dengan "jalan yang benar", dimana Saudi akan melanjutkan pembicaraan terhadap Seoul untuk membangun pembangkit listrik tenaga nuklir di Riyadh.
Menurut kantor berita "Yonhap" Al-Faisal menekankan bahwa Seoul dan Riyadh akan membuat kemitraan strategis untuk mempromosikan kerjasama bilateral.
Korea Selatan, setelah memenangkan Konvensi tender 20 miliar dolar (180 trilliun rupiah ) untuk Pembangunan 4 pembangkit listrik tenaga nuklir di UAE pada 2009, sedang dalam pembicaraan dengan Arab Saudi sejak awal tahun hanya pada kerjasama dalam penggunaan damai energi nuklir.
Kedua belah pihak mengadakan pertemuan pertama di tingkat pemerintah tentang kerjasama nuklir antara mereka September lalu.(sebw/sbl) http://www.sabili.co.id

Artikel Terkait:

No comments:

Post a Comment