Monday, October 10, 2011

Mobil Kabel akan Dikembangkan untuk Tekan Kemacetan di Makkah

,Pemerintah Arab Saudi merencanakan akan membangun sistem mobil kabel yang menghubungkan area parkir ke Masjidil Haram di Makkah untuk mempermudah transportasi jamaah haji. Arab News melaporkan pada Minggu (9/10), 12 mobil kabel akan menjemput jamaah di Kudai, Rusaifa dan Taneem untuk mengurangi kemacetan lalu lintas.

"Mobil kabel akan memberikan kontribusi untuk mengurangi kemacetan di jalan," kata direktur pusat penelitian Excellence, Adnan Gutub. Pada Sabtu (8/10) diadakan lokakarya di Universitas Al-Qura untuk membahas secara rinci partisipasi para ahli dari Saudi dan asing. Namun, tak ada rincian biaya atau jadwal yang diberikan.

"Akan ada dua mobil kabel dari Kudai, empat dari Rusaifa dan enam dari Taneem," ungkap ahli dari Universitas Toronto, Amir Al-Shalabi.

Proyek ini merupakan kerjasama Pusat Penelitian Excellence di Universitas Al-Qura, Makkah, dan Pusat Transportasi dan manajemen Kemacetan di Universitas Toronto.

Rektor Univesitas Al-Qura, Bakri Assas memuji upaya pemerintah untuk meningkatkan fasilitas bagi jutaan jamaah yang datang ke Makkah untuk menunaikan haji dan umroh. Menurut sebuah penelitian, pada tahun 2025 umat islam yang datang ke Makkah untuk haji dan umroh bisa mencapai 17 juta.
Redaktur: taufik rachman
Reporter: Dwi Murdaningsih



Artikel Terkait:

No comments:

Post a Comment