Jumat, 07 Oktober 2011

Hati-hati dengan Jebakan Kata "Halal"


MADINAH, (PRLM).- Kata "halal" di negeri Arab Saudi umumnya dipakai untuk memperbolehkan atau mengikhlaskan barangnya untuk diambil secara gratis. Contohnya, jika seseorang Arab memberikan makanan gratis, maka ia akan menyebutkan "halal..halal".
Tapi hati-hati jika kata "halal" itu keluar dari para pedagang di sana. Kata "halal" yang diucapkan pedagang itu bisa jadi bentuk ikatan bahwa kita mau membelinya.
Seorang teman penulis menceritakan pengalamannya masuk sebuah toko buku di dekat Masjid Nabawi, Madinah. Maksud hati ingin mengetahui harga sebuah Alquran yang dipajang di toko itu, nyatanya si pedagang sudah berkata "halal...halal" dan memaksa untuk membeli sebanyak 10 buah Alquran.
"Untung saya cepat keluar, kalau berlama-lama di dalam toko..waah bisa kejebak juga neh," katanya, belum lama ini.
Pengalaman seperti itu ternyata bukan terjadi pada satu atau dua orang saja. Seorang jemaah haji Indonesia pun terpaksa harus membeli barang karena kata-kata "halal" tersebut.
Sebaiknya kita hati-hati dan jangan samapai terpedaya oleh jebakan batma dari kata "halal" yang dilontarkan pedagang itu. Lebih baik kita tolak pemberiannya, dan segera pergi jika memang kita tidak berniat membeli barang tersebut. (A-130/A-147)***
http://www.pikiran-rakyat.com


Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar